Trump: 'Sabotase' Nord Stream Dapat Menyebabkan Perang Dunia III

Kamis, 29 September 2022 - 20:43 WIB
loading...
Trump: Sabotase Nord Stream Dapat Menyebabkan Perang Dunia III
Mantan Presiden AS Donald Trump memperingatkan sabotase pipa gas Nord Stream dapat memicu Perang Dunia III. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Dugaan sabotase pipa gas Nord Stream 1 dan 2 Rusia di Laut Baltik dapat menyebabkan Perang Dunia III. Hal itu diungkapkan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Trump menggunakan platform Truth Social-nya untuk memposting klip dari Februari di mana penggantinya, Presiden Joe Biden, mengatakan kepada wartawan bahwa jika Rusia menyerang Ukraina tidak akan ada lagi Nord Stream 2.

"Kami akan mengakhirinya," kata Biden kala itu.

Ketika ditanya tentang bagaimana tepatnya Washington berencana untuk mencapai itu, mengingat pipa itu berada di bawah kendali Jerman, Biden menjawab: "Saya berjanji kepada Anda, kami akan dapat melakukannya."

“Wah, pernyataan yang luar biasa. Siapa pun, Perang Dunia III?,” tulis Trump, dalam komentar singkat di bawah video seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (29/9/2022).



Postingan itu jelas merupakan pukulan terhadap Biden, mengisyaratkan bahwa AS dapat dikaitkan dengan kebocoran yang ditemukan awal pekan ini pada jaringan pipa Nord Stream yang menghubungkan Rusia ke Eropa – pipa No2 khusus ke Jerman – di bawah Laut Baltik.

The Daily Mail berbicara kepada juru bicara Trump Taylor Budowich untuk klarifikasi, tetapi dia hanya mengatakan bahwa pernyataan mantan presiden AS berbicara sendiri.

Trump mendedikasikan beberapa postingan untuk apa yang disebutnya "sabotase" dari saluran pipa Nord Stream. Dalam salah satu pesannya, dia menyarankan para pemimpin AS untuk bersikap “dingin, tenang, dan membosankan” tentang seluruh situasi.

"Kebocoran adalah peristiwa besar yang seharusnya tidak memerlukan solusi besar, setidaknya belum," tulisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)