Badai Ian Terjang Pantai Teluk Florida, 2 Juta Penduduk Tanpa Listrik

Kamis, 29 September 2022 - 17:27 WIB
loading...
Badai Ian Terjang Pantai Teluk Florida, 2 Juta Penduduk Tanpa Listrik
Badai Ian terjang pantai teluk Florida, AS, menyebabkan 2 juta penduduk tanpa listrik. Foto/France24
A A A
WASHINGTON - Badai Ian, salah satu badai paling kuat yang pernah tercatat di Amerika Serikat (AS), membanjiri Florida barat daya pada Rabu waktu setempat, mengubah jalan-jalan menjadi sungai. Badai juga memutus aliran listrik ke 2 juta orang dan mengancam kerusakan bencana lebih jauh ke pedalaman.

Kantor sheriff pesisir melaporkan bahwa mereka mendapat banyak telepon dari orang-orang yang terjebak di rumah-rumah yang terendam banjir.

Orang-orang yang putus asa memposting ke Facebook dan media sosial lainnya, memohon untuk menyelamatkan diri mereka sendiri atau orang yang mereka cintai. Beberapa video menunjukkan air yang tertutup puing mengalir hingga ke atap rumah.

Gelombang badai membanjiri ruang gawat darurat yang berada di tingkat lebih rendah di Port Charlotte, sementara angin kencang menghancurkan bagian atap lantai empat dari unit perawatan intensifnya, menurut seorang dokter yang bekerja di sana.

"Air menyembur dari atas ke ICU, memaksa staf untuk mengevakuasi pasien yang paling parah di rumah sakit - beberapa di antaranya menggunakan ventilator - ke lantai lain," kata Dr. Birgit Bodine dari Rumah Sakit HCA Florida Fawcett seperti dikutip dari France24, Kamis (29/9/2022).

Anggota staf rumah sakit menggunakan handuk dan tempat sampah plastik untuk mencoba membersihkan kotoran.

Baca: Badai Ian Mendekat, Jutaan Warga Florida Diimbau Segera Mengungsi

Rumah sakit berukuran sedang itu memiliki empat lantai, tetapi pasien terpaksa di tempatkan di dua lantai karena kerusakan akibat badai. Bodine berencana bermalam di rumah sakit untuk berjaga-jaga jika orang-orang yang terluka akibat badai tiba di sana membutuhkan bantuan.

"Ambulans mungkin akan segera datang dan kami tidak tahu di mana harus menempatkan mereka di rumah sakit pada saat ini karena kami berlipat ganda dan berlipat tiga," ujarnya.

"Selama pasien kami baik-baik saja dan tidak ada yang meninggal atau memiliki hasil yang buruk, itulah yang penting," imbuhnya.

Pusat badai mendarat di dekat Cayo Costa, sebuah pulau penghalang di sebelah barat Fort Myers yang berpenduduk padat. Saat mendekat, air mengalir dari Tampa Bay.

Sementara itu sebuah kapal yang membawa migran asal Kuba tenggelam pada Rabu dalam cuaca badai di perairan timur Key West. Penjaga Pantai AS memulai misi pencarian dan penyelamatan untuk 23 orang dan berhasil menemukan tiga orang yang selamat sekitar tiga kilometer selatan rantai pulau, kata para pejabat.

"Empat warga Kuba lainnya berenang ke Stock Island, tepat di sebelah timur Key West," kata Patroli Perbatasan AS. Awak pesawat terus mencari kemungkinan 20 migran yang tersisa.

Baca: Topan Super Noru Mendekat, Filipina Evakuasi Warga dari Pesisir Pantai

Badai Kategori 4 menghantam pantai dengan kecepatan angin 150 mph dan mendorong gelombang badai yang terakumulasi selama perjalanannya yang lambat di atas Teluk.

Menurut PowerOutage.us, lebih dari 2 juta rumah dan bisnis Florida tanpa listrik. Hampir setiap rumah dan bisnis di tiga distrik mati listrik.

Badai itu sebelumnya menghantam Kuba, menewaskan dua orang dan memutus jaringan listrik negara itu.

Sekitar 2,5 juta orang diperintahkan untuk mengungsi dari Florida barat daya sebelum Badai Ian menyerang, tetapi secara hukum tidak ada yang bisa dipaksa untuk melarikan diri.

Pembawa berita di stasiun televisi Fort Myers WINK harus meninggalkan meja mereka yang biasa digunakan dan melanjutkan liputan badai dari lokasi lain di ruang berita mereka karena air masuk ke gedung mereka di dekat Sungai Caloosahatchee.

Meskipun diperkirakan melemah menjadi badai tropis saat bergerak ke daratan dengan kecepatan sekitar 9 mph, angin topan Ian kemungkinan besar akan terasa hingga ke Florida tengah. Beberapa jam setelah pendaratan, angin kencang teratas turun menjadi 105 mph (170 kph), menjadikannya badai Kategori 2.

Baca: Topan Ganas Bakal Terjang Jepang, Ribuan Orang Mengungsi ke Tempat Penampungan

Namun, gelombang badai setinggi 2 meter diperkirakan terjadi di sisi berlawanan dari negara bagian, di timur laut Florida.

Sheriff Bull Prummell dari Charlotte County, tepat di utara Fort Myers, mengumumkan jam malam antara pukul 9 malam dan pukul 6 pagi untuk tujuan menyelamatkan jiwa. Ia mengatakan pelanggar dapat menghadapi tuduhan pelanggaran ringan tingkat dua.

"Saya memberlakukan jam malam ini sebagai sarana untuk melindungi orang-orang dan properti Charlotte County," kata Prummell.

(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2888 seconds (11.97#12.26)