Topan Ganas Bakal Terjang Jepang, Ribuan Orang Mengungsi ke Tempat Penampungan

Minggu, 18 September 2022 - 13:03 WIB
loading...
Topan Ganas Bakal Terjang Jepang, Ribuan Orang Mengungsi ke Tempat Penampungan
Jepang mengeluarkan peringatan khusus saat Topan Nanmadol akan menerjang negara itu. Foto/Bloomberg
A A A
TOKYO - Ribuan warga Jepang berada di tempat penampungan yang berada di barat daya negara itu pada Minggu (18/9/2022). Pihak berwenang Jepang telah mendesak hampir 3 juta penduduk untuk mengungsi saat Topan Nanmadol bergerak menuju wilayah tersebut.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan "peringatan khusus" yang langka untuk wilayah Kagoshima di selatan Prefektur Kyushu — peringatan yang dikeluarkan hanya ketika meramalkan kondisi yang terlihat sekali dalam beberapa dekade.

Pada Minggu pagi, 25.680 rumah tangga di Kagoshima dan wilayah tetangga Miyazaki sudah tidak mendapat aliran listrik, sementara layanan kereta api regional, penerbangan dan perjalanan feri dibatalkan sampai badai berlalu, kata otoritas lokal dan layanan transportasi.

JMA telah memperingatkan kawasan itu bisa menghadapi bahaya yang belum pernah terjadi sebelumnya dari angin kencang, gelombang badai dan hujan lebat.

"Diperlukan kehati-hatian maksimal," kata Ryuta Kurora, kepala unit prakiraan JMA pada hari Sabtu.

"Ini topan yang sangat berbahaya," imbuhnya.

"Angin akan sangat kencang sehingga beberapa rumah bisa roboh," kata Kurora kepada wartawan, juga memperingatkan akan banjir dan tanah longsor.



Menurut Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana pemerintah sejauh ini, 2,9 juta penduduk di Kyushu telah diungsikan dengan peringatan evakuasi, dan pejabat Kagoshima mengatakan lebih dari 8.500 orang sudah berada di tempat penampungan lokal pada Minggu pagi.

Peringatan evakuasi menyerukan orang untuk pindah ke tempat penampungan atau akomodasi alternatif yang dapat menahan cuaca ekstrem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)