Badai Ian Mendekat, Jutaan Warga Florida Diimbau Segera Mengungsi

Rabu, 28 September 2022 - 22:05 WIB
loading...
Badai Ian Mendekat, Jutaan Warga Florida Diimbau Segera Mengungsi
Badai Ian Mendekat, Jutaan Warga Florida Diimbau Segera Mengungsi. FOTO/Reuters
A A A
TAMPA - Warga Amerika Serikat (AS) yang tinggal di Pantai Teluk Florida, diimbau segera mengemasi barang-barang mereka dan pergi menuju ke tempat yang lebih tinggi saat badai Ian mendekat.

Mengamuk melalui Karibia di jalan menuju Florida, badai Ian menghantam Kuba, memaksa evakuasi massal, memutus aliran listrik ke ratusan ribu orang dan membanjiri desa-desa nelayan.

Baca: Badai Ian Dekati Florida, Kecepatan Angin Maksimal 195 Km Per Jam

Lebih dari 2,5 juta warga Florida berada di bawah perintah evakuasi atau peringatan dengan badai yang meluas di jalur untuk mendarat sebagai badai Kategori 3 malam ini di suatu tempat di sepanjang Pantai Teluk.

Badai Kategori 3 membawa angin berkelanjutan maksimum hingga 208 km per jam. Peringatan badai jam 5 sore terbaru membuat angin kencang Ian mendekati 120 mph.

“Badai Ian kemungkinan besar akan mendarat di selatan Tampa dekat Sarasota,” kata Pusat Badai Nasional, seperti dikutip dari Reuters. Wilayah itu adalah rumah bagi bermil-mil pantai berpasir dan sejumlah hotel resor — adalah favorit para pensiunan dan wisatawan.

“Saya tahu saya harus takut dengan yang satu ini, tapi saya terlalu sibuk untuk takut. Saya hanya tahu kita harus pergi,” kata John O'Leary (36), seorang pianis jazz dari Tampa. Ia dan istrinya memasukkan makanan, air, dan foto keluarga ke dalam mobil mereka sebelum menuju ke rumah ibunya di Palm Harbor, 40 km ke Barat.

Baca: Hindari Ancaman Badai Ian, NASA Amankan Roket Artemis 1

O'Leary adalah salah satu dari ribuan pengendara yang melarikan diri dari daerah dataran rendah dengan harapan menghindari gelombang badai yang berpotensi mengancam jiwa yang, menurut peramal cuaca, bisa mencapai 12 kaki di daerah Sarasota.

"Masih ada ketidakpastian di mana tepatnya pendaratan itu akan terjadi. Tetapi, pahami saja, dampaknya akan jauh lebih luas daripada hanya di mana mata badai terjadi untuk membuat pendaratan," kata Gubernur Ron DeSantis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1524 seconds (11.97#12.26)