Badai Ian Terjang Pantai Teluk Florida, 2 Juta Penduduk Tanpa Listrik

Kamis, 29 September 2022 - 17:27 WIB
loading...
A A A
Pusat badai mendarat di dekat Cayo Costa, sebuah pulau penghalang di sebelah barat Fort Myers yang berpenduduk padat. Saat mendekat, air mengalir dari Tampa Bay.

Sementara itu sebuah kapal yang membawa migran asal Kuba tenggelam pada Rabu dalam cuaca badai di perairan timur Key West. Penjaga Pantai AS memulai misi pencarian dan penyelamatan untuk 23 orang dan berhasil menemukan tiga orang yang selamat sekitar tiga kilometer selatan rantai pulau, kata para pejabat.

"Empat warga Kuba lainnya berenang ke Stock Island, tepat di sebelah timur Key West," kata Patroli Perbatasan AS. Awak pesawat terus mencari kemungkinan 20 migran yang tersisa.

Baca: Topan Super Noru Mendekat, Filipina Evakuasi Warga dari Pesisir Pantai

Badai Kategori 4 menghantam pantai dengan kecepatan angin 150 mph dan mendorong gelombang badai yang terakumulasi selama perjalanannya yang lambat di atas Teluk.

Menurut PowerOutage.us, lebih dari 2 juta rumah dan bisnis Florida tanpa listrik. Hampir setiap rumah dan bisnis di tiga distrik mati listrik.

Badai itu sebelumnya menghantam Kuba, menewaskan dua orang dan memutus jaringan listrik negara itu.

Sekitar 2,5 juta orang diperintahkan untuk mengungsi dari Florida barat daya sebelum Badai Ian menyerang, tetapi secara hukum tidak ada yang bisa dipaksa untuk melarikan diri.

Pembawa berita di stasiun televisi Fort Myers WINK harus meninggalkan meja mereka yang biasa digunakan dan melanjutkan liputan badai dari lokasi lain di ruang berita mereka karena air masuk ke gedung mereka di dekat Sungai Caloosahatchee.

Meskipun diperkirakan melemah menjadi badai tropis saat bergerak ke daratan dengan kecepatan sekitar 9 mph, angin topan Ian kemungkinan besar akan terasa hingga ke Florida tengah. Beberapa jam setelah pendaratan, angin kencang teratas turun menjadi 105 mph (170 kph), menjadikannya badai Kategori 2.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1837 seconds (11.210#12.26)