Gerilyawan Serang Konvoi Kendaraan, 11 Tentara Tewas dan 50 Warga Sipil Hilang

Kamis, 29 September 2022 - 01:14 WIB
loading...
A A A
Secara terpisah, tersangka militan membakar kantor walikota dan menculik satu orang di kota Boni pada Senin malam, kata dua warga setempat dan satu sumber militer.

Baca: Sekjen PBB Kecam Serangan KKB di Burkina Faso

Boni berada di jalan raya N1 yang menghubungkan Ibu Kota Ouagadougou ke kota barat daya Bobo-Dioulasso, dan jauh lebih jauh ke selatan daripada sebagian besar aktivitas militan yang terjadi. Berjarak sekitar 16 km dari Hound, di mana terdapat operasi penambangan emas.

Ketidakamanan telah meningkat di Sahel Afrika Barat selama dekade terakhir seiring menyebarkan pemberontakan Islam yang berakar di Mali. Ribuan orang tewas dan lebih dari dua juta orang mengungsi meskipun ada pasukan asing dan penjaga perdamaian PBB.

Kelompok pemberontak telah menebar ranjau di jalan, mengepung kota, menghancurkan fasilitas air dan merusak upaya untuk memasok wilayah utara serta timur Burkina Faso yang semakin terisolasi.

Sedikitnya 35 warga sipil tewas pada 6 September ketika sebuah kendaraan dalam konvoi menghantam bom pinggir jalan antara kota utara Djibo dan Bourzanga.

Frustrasi tentang meningkatnya kekerasan memicu kudeta militer terhadap mantan presiden Burkina Faso, Roch Kabore pada Januari lalu. Namun junta militer yang berkuasa juga telah berjuang untuk menggagalkan sejumlah serangan.

Baca: Militer Burkina Faso Lakukan Kudeta, Bubarkan Pemerintah dan Parlemen
(ian)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2224 seconds (10.55#12.26)