alexametrics

Macron Tunjuk Perdana Menteri Baru untuk Menangkan Suara Pemilih

loading...
Macron Tunjuk Perdana Menteri Baru untuk Menangkan Suara Pemilih
Presiden Prancis Emmanuel Macron berjabat tangan dengan Jean Castex pada 2019. Foto/REUTERS
A+ A-
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron menunjuk Jean Castex sebagai perdana menteri (PM) baru saat dia berupaya meraih dukungan pemilih.

Castex, 55, merupakan pegawai negeri sipil dan walikota yang menyusun strategi keluar dari lockdown virus corona Prancis. Dia dari kubu sayap kanan tengah dan menjabat dua tahun sebagai pejabat tertinggi kedua di Istana Elysee selama kepresidenan Nicolas Sarkozy.

Pejabat di Elysee menyebut Castex sebagai pegawai senior yang berpengalaman di politik lokal yang akan membantu Macron terhubung dengan provinsi-provinsi di Prancis.

Penunjukan PM baru itu setelah pengunduran diri Edouard Philippe. Macron menyusun ulang pemerintahannya saat Prancis menghadapi depresi ekonomi terdalam sejak Perang Dunia II, ekonomi menyusut 11% pada 2020 dan tingkat pengangguran yang tinggi.



Para investor menunggu apakah Menteri Keuangan Bruno Le Maire yang mengawasi reformasi liberalisasi ekonomi dan mengucurkan dana besar untuk perusahaan seperti Air France dan Renault selama krisis, tetap mempertahankan posisinya.

“Kembali dari liburan musim panas akan sulit, kita harus siap,” kata Macron saat wawancara. (Baca Juga: Pemerintahan Prancis Bubar, Macron Ingin Terus Berkuasa)



Macron dan Philippe makan malam bersama pada Rabu (1/7) dan bertemu pada Kamis (2/7). Sumber menyatakan diskusi keduanya hangat dan bersahabat. “Keduanya sepakat perlunya pemerintahan baru untuk tahap selanjutnya, jalur baru,” kata sumber itu. (Lihat Infografis: Duet Rafale-SU30 India Siap Mengguncang Ketegangan di Perbatasan)

Macron bulan lalu menyatakan ingin awal baru saat Prancis keluar dari pandemi virus corona. Partai yang dipimpinnya menunjukkan kinerja buruk saat pemilu lokal pada 28 Juni. (Lihat Video: Pelaku Begal Menangis di Kaki Ibu, Korban Ternyata Kakak Angkat)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak