Hasil Referendum Donbass Diumumkan, Mayoritas Warga Pilih Gabung Rusia

Rabu, 28 September 2022 - 12:42 WIB
loading...
Hasil Referendum Donbass Diumumkan, Mayoritas Warga Pilih Gabung Rusia
Warga memberikan suaranya dalam referendum gabung Rusia di Donbass. Foto/tass
A A A
DONBASS - Mayoritas warga Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk (DPR dan LPR) mendukung gagasan bersatu dengan Rusia. Hasil referendum itu diumumkan komisi pemilihan umum lokal.

Di DPR, lebih dari 99% pemilih mendukung gagasan bergabung dengan Rusia, menurut angka resmi awal.

Referendum di LPR menghasilkan hasil yang sama, dengan lebih dari 98% pemilih mendukung potensi reunifikasi. Di kedua republik, semua surat suara telah dihitung, menurut otoritas setempat.

Jajak pendapat dilakukan di republik-republik itu, serta di wilayah Zaporozhye dan Kherson Ukraina yang dikuasai Moskow, antara 23 dan 27 September.

Baca juga: Putin Tegaskan Prioritas Utama Rusia dalam Referendum Donbass

Kedua republik yang memisahkan diri dari Kiev setelah kudeta Maidan 2014 dan konflik di timur Ukraina setelahnya, telah menunjukkan partisipasi pemilih lebih dari 80% untuk referendum, menurut angka resmi.

Ukraina dan pendukung Baratnya telah menolak referendum untuk bergabung dengan Rusia sebagai pemungutan suara "palsu", bersumpah untuk tidak mengakui hasilnya terlepas dari hasilnya.

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky memperingatkan hasil referendum gabung Rusia akan “membuat mustahil, dalam hal apa pun, untuk melanjutkan negosiasi diplomatik” dengan Moskow.

Baca juga: Putin Bongkar Habis Kebijakan Predator Barat Picu Krisis Pangan Global

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, mengutip kegagalan Kiev mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberikan status khusus wilayah Donetsk dan Luhansk di dalam negara Ukraina.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1936 seconds (11.210#12.26)