Deretan Negara dengan Jumlah Korban Perang Dunia II Terbanyak

Rabu, 28 September 2022 - 12:19 WIB
loading...
Deretan Negara dengan Jumlah Korban Perang Dunia II Terbanyak
Seorang anggota patroli Marinir AS di Saipan menemukan satu keluarga Jepang bersembunyi di gua lereng bukit selama pertempuran di Saipan, 21 Juni 1944. Ibu, empat anak dan seekor anjing berada di dalam gua. Foto/Arsip Nasional AS/REUTERS
A A A
TOKYO - Perang Dunia II (PD II), yang melibatkan negara secara global, terjadi dari tahun 1939 sampai 1945.Perang ini pecah sebagai akibat dari kemunculan ideologi fasisme di negara-negara blok Poros, yang terdiri dari Jerman, Jepang, dan Italia.

Negara-negara blok Poros ini bertentangan dengan negara-negara blok Sekutu.

Melansir catatan Ensiklopedia Holocaust, PD II dimulai ketika Jerman menginvasi Polandia, tepatnya pada 1 September 1939.

Sejak itu, negara-negara lain mulai terlibat dalam pertempuran skala dunia karena Jerman semakin membabi buta ingin menguasai wilayah lain.

Perang Dunia II menjadi tragedi yang kelam dalam sejarah dunia karena sudah memakan korban jiwa yang sangat banyak.

Mengutip dari Ensiklopedia Britannica, diperkirakan 40 juta hingga 50 juta orang tewas selama PD II. Lebih 80% dari semua kasus kematian di PD II berasal dari negara-negara Sekutu, dan sebagian besar adalah warga sipil.

Sementara itu, 15-20% kematian terjadi di blok Poros, sebagian besarnya kalangan militer. Berikut beberapa negara dengan jumlah korban akibat Perang Dunia II terbanyak, berdasarkan data di The National WWII Museum.

1. Uni Soviet

Uni Soviet diperkirakan telah menderita jumlah tertinggi korban Perang Dunia II. Tercatat, sebanyak 24 juta orang kehilangan nyawanya akibat perang.

Dari jumlah tersebut, kebanyakan terjadi karena kematian militer, kematian warga sipil, dan kematian karena kelaparan dan juga penyakit.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1767 seconds (10.177#12.26)