Rumor Dikudeta Jenderal China, Xi Jinping Justru Incar Presiden Periode Ke-3

Rabu, 28 September 2022 - 01:18 WIB
loading...
A A A
Kongres partai secara tradisional merupakan peristiwa politik besar yang dikelilingi oleh tingkat ketidakpastian tertentu tentang para pemimpin masa depan China.

Namun, sejak mengambil alih kekuasaan pada 2012, Xi Jinping telah mengawasi beberapa putaran pembersihan para pemimpin politik dan militer China sebagai bagian dari kampanye anti-korupsi yang lebih besar yang juga telah menyapu banyak saingannya.

Dalam lingkungan informasi yang sangat diatur di China, di mana jarang ada diskusi terbuka tentang prospek karier para pemimpin, dan di mana setiap penampilan publik dikoreografikan dengan ketat, tidak ada tanggapan resmi maupun tidak resmi.

Pada hari Minggu, rumor kudeta diabaikan ketika PKC menerbitkan daftar 2.296 delegasi yang akan bersama-sama memilih kepemimpinan partai 16 Oktober, dengan nama Xi Jinping di antara mereka.

Pada hari Selasa (28/9/2022), Xi Jinping akhirnya muncul mengenakan masker di Xinwen Lianbo, program berita malam prime-time CCTV. Dia mengunjungi sebuah pameran di Beijing, yang menjadi penampilan publik pertamanya seusai menghadiri KTT SCO di Samarkand pada 16 September.

Spekulasi tentang siapa yang bertahan dan siapa yang turun dalam kepemimpinan partai akan terus berlanjut hingga nama final diumumkan pada 16 Oktober.

Kongres Nasional ke-20 PKC akan mengantarkan perombakan personel, termasuk di dalam Komite Tetap Politbiro yang beranggotakan tujuh orang di puncak partai, tetapi, kemungkinan besar, Xi yang akan melakukan perombakan.
(min)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3154 seconds (11.97#12.26)