Jelang Kunjungan Wapres AS ke Korsel, Korut Tembakan Rudal Balistik

Minggu, 25 September 2022 - 07:31 WIB
loading...
Jelang Kunjungan Wapres AS ke Korsel, Korut Tembakan Rudal Balistik
Jelang kunjungan Wakil Presiden AS ke Korea Selatan, Korea Utara menembakan rudal balistik. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik ke laut di lepas pantai timurnya. Ini memperpanjang jumlah peluncuran rudal yang dilakukan Korut yang memecahkan rekor pada tahun ini.

Kementerian pertahanan Korsel mengatakan Korut menembakkan rudal balistik jarak pendek dari daerah Taecheon di provinsi Pyongan Utara pada pukul 06:53 pagi waktu setempat. Penjaga Pantai Jepang melaporkan bahwa rudal itu tampaknya mendarat kurang dari 10 menit setelah dilaporkan peluncurannya seperti dikutip dari VOA, Minggu (25/9/2022).

Sehari sebelumnya, kantor kepresidenan Korsel memperingatkan telah mendeteksi aktivitas yang menunjukkan Korut sedang bersiap untuk menembakkan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam, atau SLBM, dari kota pantai timur Sinpo.

Baca: Militer Korsel Duga Korut Sedang Persiapkan Uji Tembak Rudal Balistik

Korut kini telah menembakkan 32 rudal balistik pada tahun 2022, paling banyak yang pernah diluncurkan dalam satu tahun. Peluncuran tersebut menampilkan rudal jarak pendek, yang tampaknya dirancang untuk menghindari pertahanan rudal Amerika Serikat (AS) dan sekutunya di kawasan itu, dan rudal jarak jauh, yang dimaksudkan untuk menargetkan daratan AS.

Para pejabat AS mengatakan Korut juga telah membuat persiapan untuk melakukan uji coba nuklir ketujuh, sebuah langkah yang secara dramatis dapat meningkatkan ketegangan regional.

AS mengatakan terbuka untuk negosiasi mengenai program nuklir Korut tetapi juga telah meningkatkan pertunjukan kekuatan militernya di depan umum dalam koordinasi dengan sekutunya, Korsel.

Peluncuran itu dilakukan setelah kedatangan kapal induk AS di Korsel untuk berpartisipasi dalam latihan bersama dengan pasukan Seoul, dan menjelang kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris yang direncanakan minggu depan seperti dikutip dari Channel News Asia.

Awal pekan ini, USS Ronald Reagan, kapal induk bertenaga nuklir, tiba di kota pelabuhan Busan, Korsel. Kapal induk itu akan segera melakukan latihan dengan militer Korsel, menurut Seoul.

Baca: Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan untuk Peringatkan Korea Utara
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1714 seconds (11.210#12.26)