Zelensky: Saya Shock karena Israel Tak Menolong Ukraina

Sabtu, 24 September 2022 - 02:59 WIB
loading...
Zelensky: Saya Shock karena Israel Tak Menolong Ukraina
Presiden Volodymyr Zelensky mengaku shock setelah Israel menolak untuk menolong Ukraina dalam perang melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Vladimir Zelensky mengaku shock setelah Israel tidak menolong Ukraina dalam perang melawan invasi Rusia .

Dia mengeklaim negara Yahudi itu telah berada di bawah pengaruh Moskow.

"Saya shock. Saya tidak mengerti. Israel tidak memberi kami apa-apa, tidak ada, nol," katanya kepada stasiun televisi Prancis, Jumat.

"Saya mengerti bahwa mereka harus mempertahankan tanah mereka, tetapi saya telah menerima informasi bahwa Israel mengekspor persenjataannya ke negara lain," ujarnya, yang dilansir Russia Today, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Putin Nekat Pencet Tombol Serangan Nuklir?

Pernyataan Zelensky itu kemungkinan merujuk pada penjualan sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel ke Siprus yang dilaporkan bulan lalu tetapi tidak dikonfirmasi oleh pemerintah Israel.

Tahun lalu, ekspor pertahanan Israel mencapai rekor USD11,3 miliar, dengan 41% pelanggannya berlokasi di Eropa.

Sementara Israel mengecam invasi Rusia di Ukraina dan mematuhi sanksi AS terhadap Moskow, Israel tidak menjatuhkan sanksinya sendiri terhadap Rusia, dan menahan diri dari menyumbangkan senjata ke Kiev.

Sebaliknya, negara Yahudi itu hanya mengirimkan peralatan pelindung seperti pelindung tubuh dan helm, serta bantuan kemanusiaan.

Ini tidak menyenangkan Zelensky, yang menyatakan pada bulan April bahwa dia ingin Ukraina menjadi “Israel besar”, di mana warganya dipersenjatai dan siap untuk dinas militer setiap saat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1764 seconds (11.252#12.26)