Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan untuk Peringatkan Korea Utara

Jum'at, 23 September 2022 - 19:31 WIB
loading...
A A A
Kunjungan itu adalah yang pertama ke Korea Selatan oleh kapal induk Amerika sejak 2018. Banyak latihan sejak itu dikurangi atau dibatalkan karena upaya diplomatik dengan Korea Utara atau karena pandemi COVID-19.

“Kunjungan kapal induk berguna memberi sinyal politik, meyakinkan Seoul, dan pelatihan dengan pasukan Korea Selatan, tetapi kemungkinan tidak banyak menghalangi Korea Utara,” papar Mason Richey, profesor di Hankuk University of Foreign Studies di Seoul.

“Kunjungan armada kapal induk tentu saja tidak banyak membantu, pada kenyataannya, kemungkinan sebaliknya, untuk mencegah Pyongyang mengembangkan lebih banyak senjata nuklir dan sistem pengiriman, serta kemampuan konvensional,” ujar dia.

“Namun hal itu menggarisbawahi bahwa di era Yoon, sekutu melihat koordinasi militer yang lebih ketat dan interoperabilitas sebagai cara terbaik untuk menangani Korea Utara,” papar Richey.

Pertanyaan telah meningkat tentang peran sekitar 28.500 tentara AS yang ditempatkan di Korea Selatan jika konflik meletus di Taiwan.

Donnelly mengatakan pertanyaan seperti itu ditujukan untuk pembuat kebijakan di atasnya. Namun dia mengatakan beroperasi dengan sekutu yang berpikiran sama seperti Korea Selatan adalah bagian penting dari upaya Angkatan Laut AS menjaga keamanan dan stabilitas regional yang telah ada selama lebih dari tujuh dekade.

(sya)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1646 seconds (10.101#12.26)