Kiev Tuduh Rusia Serang PLTN Terbesar Kedua Ukraina

Selasa, 20 September 2022 - 00:05 WIB
loading...
Kiev Tuduh Rusia Serang PLTN Terbesar Kedua Ukraina
Kiev menuding Rusia menyerang PLTN terbesar kedua Ukraina di sebelah selatan negara itu. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina menuduh Rusia menyerang pembangkit nuklir terbesar kedua negara itu yang berada di wilayah selatan negara yang dilanda perang. Ledakan terbaru pertempuran di sekitar fasilitas nuklir telah menimbulkan kekhawatiran darurat akan radiasi.

Badan energi nuklir Ukraina, Enargoatom, mengatakan tentara Rusia melakukan serangan rudal di lokasi industri pembangkit listrik tenaga nuklir Pivdennoukrainsk, dengan sebuah ledakan kuat hanya berjarak 300 meter dari reaktornya.

Menurut badan tersebut serangan itu merusak lebih dari 100 jendela gedung pembangkit listrik, tetapi reaktor beroperasi secara normal. Enargoatom juga merilis foto-foto pecahan kaca di sekitar bangunan yang meledak.



Energoatom juga merilis gambar dari apa yang dikatakan sebagai kawah sedalam dua meter dari tempat rudal itu mendarat.

“Untungnya, tidak ada seorang pun di antara staf pembangkit listrik yang terluka,” kata Energoatom seperti dikutip dari The Defense Post, Selasa (20/9/2022).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyalahkan Rusia atas serangan di wilayah Mykolaiv selatan, yang katanya mengakibatkan pemadaman listrik singkat di fasilitas tersebut.

“Rusia membahayakan seluruh dunia. Kita harus menghentikannya sebelum terlambat," kata Zelensky di Telegram.



Wilayah Mykolaiv di Ukraina selatan, di mana PLTN Pivdennoukrainsk berada, adalah garis depan dekat serangan balasan Ukraina di selatan terhadap pasukan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)