Profil Ahmed Aboutaleb, Wali Kota Rotterdam Muslim yang Baru Saja Berkunjung ke Jakarta

Kamis, 15 September 2022 - 06:01 WIB
loading...
Profil Ahmed Aboutaleb, Wali Kota Rotterdam Muslim yang Baru Saja Berkunjung ke Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga kiri) menari bersama Wali Kota Rotterdam Belanda Ahmed Aboutaleb (tengah) serta para delegasi U20 Mayors Summit saat Jakarta City Tour di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Senin (29/8/2022). Foto/antara
A A A
JAKARTA - Pada Senin (29/8/2022), Wali Kota Rotterdam, Belanda, Ahmed Aboutaleb, beserta delegasinya berkunjung ke Jakarta.

Aboutaleb merasa terhormat bisa mendatangi Jakarta. Kunjungan ini dilakukan sebelum Aboutaleb mengikuti penyelenggaraan forum Urban 20 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat pada Selasa (30/8/2022) hingga Rabu (31/8/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Aboutaleb memberikan pujian kepada Anies Baswedan mengenai pembangunan dan perkembangan positif di Jakarta.

Anies pun memberikan sambutan yang hangat kepada Aboutaleb. Selain penyambutan yang baik, Anies juga mengajak jalan-jalan Wali Kota Rotterdam ini untuk menikmati suasana kota yang berbeda di kawasan Tebet Eco Park dan JPO (Jembatan Penyeberangan Orang dan Sepeda).

Baca juga: Ini Penampakan Pria Yaman yang Umrah untuk Ratu Inggris Elizabeth II

Mulai menjabat wali kota sejak 2009, Ahmed Aboutaleb ternyata seorang imigran Muslim pertama yang dipercaya menjabat sebagai wali kota di kota terbesar kedua di Belanda.

Ahmed Aboutaleb lahir di kota Beni Sidel di wilayah pegunungan Rif, Maroko, pada tahun 1961. Ia memiliki status warga negara ganda, yaitu Maroko dan Belanda.

Pada 1976, Aboutaleb bersama dengan ibu dan saudara-saudaranya pindah ke Belanda untuk bergabung dengan ayahnya, yang memang sudah lama bekerja di Belanda.

Pada tahun 1987 Aboutaleb lulus dari sekolah teknik elektro. Dia kemudian bekerja sebagai jurnalis dan petugas hubungan masyarakat, sebelum menjadi Direktur Institute for Multicultural Development Forum, organisasi non-pemerintah yang berfokus pada kebijakan integrasi.

Lalu Aboutaleb menjabat sebagai anggota Dewan Kota Amsterdam untuk Partai Buruh. Dalam jabatan tersebut, ia bertanggung jawab atas urusan sosial, pendidikan, dan integrasi dari tahun 2004 hingga pengangkatannya sebagai sekretaris negara untuk urusan sosial dan karyawan dalam Kabinet Balkenende IV pada 22 Februari 2007.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1315 seconds (10.177#12.26)