Ratu Elizabeth II Meninggal, Orang-orang India Minta Berlian Kohinoor Dikembalikan

Sabtu, 10 September 2022 - 14:45 WIB
loading...
A A A
Itu kemudian diakuisisi oleh Inggris selama aneksasi Punjab. East India Company mendapatkan batu itu pada akhir tahun 1840-an, setelah memaksa Maharaja Dunjeep Singh yang baru berusia 10 tahun untuk menyerahkan tanah dan harta miliknya.

Perusahaan itu kemudian mempersembahkan berlian Kohinoor kepada Ratu Victoria.

Pangeran Albert, suami Ratu Victoria, memintanya untuk dipotong ulang dan dipasang di mahkota Ratu Alexandra dan Ratu Mary sebelum ditempatkan di mahkota Ibu Suri pada tahun 1937.

Ibu Suri mengenakan sebagian mahkota pada penobatan putrinya; Ratu Elizabeth II, pada tahun 1953.

Kohinoor telah menjadi salah satu perhiasan terkenal pada mahkota kerjaan Inggris sejak saat itu, tetapi pemerintah di Iran, Afghanistan, Pakistan, dan India semuanya telah mengeklaim berlian tersebut.

Meskipun tidak ada rencana untuk masa depan perhiasan yang telah diungkapkan, prospek untuk tetap berada di Inggris telah mendorong banyak pengguna Twitter di India agar mengembalikannya.

"Jika Raja tidak mau memakai Kohinoor, kembalikan," tulis salah satu warga India pengguna akun Twitter @GabbbarSingh.

Yang lain mengatakan berlian itu "dicuri" oleh Inggris, yang menciptakan kekayaan dari "kematian", "kelaparan", dan "penjarahan".

Tuntutan pengembalian berlian itu bukan yang pertama kali disuarakan. Setelah kemerdekaan India pada tahun 1947, pemerintah meminta berlian itu dikembalikan.

India membuat permintaan lain di tahun penobatan Ratu Elizabeth II. Namun, tuntutan-tuntutan itu tidak didengar, di mana Inggris berargumen bahwa tidak ada dasar hukum untuk restitusi Kohinoor ke India.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)