Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia

Minggu, 05 Juli 2020 - 07:37 WIB
loading...
Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia
Polisi telah ada sejak zaman kuno dan terus mengalami perkembangan seiring berkembangnya peradaban manusia. Mereka terus hadir untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
POLISI telah ada sejak zaman kuno dan terus mengalami perkembangan seiring berkembangnya peradaban manusia. Eksistensi polisi terus hadir pada setiap waktu untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Dari sekian banyak institusi kepolisian, berikut 10 lembaga kepolisian terbaik di dunia. (Lihat grafis: 2024, Turis Bisa Lakukan Perjalanan ke Luar Angkasa)

1. Polisi Federal Australia

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


AFP (Australian Federal Police) adalah lembaga penegak hukum utama di Persemakmuran Australia yang didirikan pada 1979. Kepolisian federal melakukan beberapa peran termasuk penyelidikan nasional dan perlindungan bandara. (Baca juga: Nekat Curi Tas Mewah, Wanita Muda Indonesia Dicokok Polisi Australia)

Mereka juga memerangi kejahatan tingkat nasional utama termasuk perdagangan narkoba dan manusia, kegiatan kontra-terorisme, perang melawan narkoba, kejahatan dunia maya dan kejahatan masyarakat adat. Saat ini, ada total 6.498 staf di AFP.

2. Departemen Kepolisian Kota Los Angeles

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Departemen Kepolisian Los Angeles atau LAPD (Los Angeles Police Departement) adalah agen penegakan hukum lokal terbesar ketiga di Amerika Serikat yang saat ini diperkirakan memiliki sekitar 9.000 petugas dan 3.000 karyawan sipil.

LAPD melayani Kota Los Angeles, yang meliputi area seluas 498 mil persegi. Sebagai salah satu pasukan polisi paling glamor di dunia, LAPD telah tampil di banyak film dan serial televisi. (Baca juga: Polisi Los Angeles disumbang Lamborghini Gallardo)

3. Polisi Federal Belgia

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Polisi Federal atau The Federale Politie didirikan pada 2001dan dianggap sebagai salah satu polisi terbaik di dunia. Polisi Federal Belgia memiliki 12.262 jumlah karyawan. (Lihat grafis: ASEAN dan China Berseteru, Dua Kapal Induk AS Unjuk Kekuatan)

Mereka melakukan beberapa layanan penegakan hukum nasional dan layanan khusus. Polisi Federal Belgia bukan hanya salah satu kekuatan yang paling terlatih tetapi juga salah satu polisi paling efisien.

4. Layanan Polisi Metropolitan Inggris

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Metropolitan Police Service (Layanan Polisi Metropolitan) atau yang populer disebut Mets, adalah polisi yang populer dengan lokasi markasnya bernama Scotland Yard. Mets bertanggung jawab atas penegakan hukum di wilayah London Raya (tidak termasuk distrik Kota London) dan memainkan peran aktif dalam kegiatan kontra-terorisme di seluruh negeri.

Mereka bahkan melakukan tugas perlindungan Keluarga Kerajaan Inggris dan Pemerintah Inggris. Metropolitan Police Service memiliki kekuatan lebih dari 43.000 karyawan. (Baca juga: Diamuk Massa Saat Bubarkan Pesta, 22 Polisi Inggris Terluka)

5. Badan Kepolisian Nasional Jepang

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Badan Kepolisian Nasional (National Police Agency/NPA) Jepang bekerja sebagai agen pusat yang mengoordinasikan berbagai kepolisian negara dengan 7.721 jumlah karyawan. Meskipun tidak memiliki petugas polisi sendiri, ia mengambil alih seluruh sistem kepolisian dan mengkoordinasikan bantuan selama bencana nasional.

Di lain waktu, ia sangat terlibat dalam masalah kebijakan dan dalam menentukan standar untuk lembaga kepolisian di seluruh negeri. (Baca juga: Tokyo Siap Habis-habisan supaya Olimpiade Tak Ditunda Lagi)

6. Departemen Kepolisian New York

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Didirikan pada 1845, Departemen Kepolisian New York atau NYPD (New York Police Department) secara luas diakui sebagai salah satu pasukan polisi paling profesional dan efisien di dunia, dengan kekuatan 55.304 karyawan. Tidak hanya itu salah satu dari pasukan polisi tertua di AS ini juga merupakan pasukan polisi kota terbesar di negara AS. (Baca juga: Dari New York Hingga Florida, Polisi Berlutut Bersama Demonstran)

NYPD bertanggung jawab atas penegakan hukum di kelima wilayah di New York City. Mereka memiliki beberapa tim khusus termasuk layanan darurat, unit anti-terorisme, pasukan penjinak bom, dan unit anti-geng.

7. Polisi Nasional Prancis

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Police Nationale atau Polisi Nasional adalah salah satu dari dua pasukan polisi nasional yang dipercayakan melakukan penegakan hukum di Prancis. Dengan jumlah karyawan 145.200, ia bertugas di kota-kota utama negara menara Eiffel itu dan di traktat perkotaan. (Baca juga:Peluru Kendali Berkekuatan Dahsyat Melintas di Samudra Atlantik)

Polisi Nasional bukan hanya salah satu gugus tugas terbaik dan paling efisien di dunia, tetapi juga salah satu polisi paling terlatih dengan standar induksi sangat tinggi. Pasukan polisi ini didirikan pada 1966 dan bertanggung jawab langsung ke Kementerian Dalam Negeri Prancis.

8. Royal Canadian Mounted Police

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Royal Canadian Mounted Police atau RCMP, yang populer dikenal sebagai 'The Force' adalah kepolisian nasional Kanada. Selain sebagai lembaga penegak hukum federal negara itu, RCMP juga menyediakan layanan kepolisian provinsi dan kota untuk tiga wilayah dan delapan provinsi negara (kecuali Ontario atau Quebec).

RCMP juga bertanggung jawab untuk penegakan hukum di 150 kota, dan perlindungan 600 komunitas asli, dan tiga bandara internasional. Ada 28.461 karyawan badan kepolisian ini. (Baca juga: Ramadhan, Kota Ottawa Izinkan Azan Magrib Pakai Pengeras Suara)

9. The Bundespolizei (BPOL), Jerman

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Bundespolizei (BPOL) atau Polisi Federal Jerman melapor langsung ke Kementerian Federal Dalam Negeri dan merupakan salah satu dari dua pasukan polisi federal di negara ini. Sementara 16 negara bagian mempertahankan pasukan polisi mereka sendiri, Polisi Federal Jerman memiliki yurisdiksi atas keamanan dan perlindungan penerbangan, pemolisian jalur kereta api, dan bahkan perlindungan perbatasan.

Polisi Federal Jerman adalah pasukan polisi paling efektif dan sangat terlatih dengan 40.000 karyawan. Lembaga ini memainkan peran sentral dalam menjaga hukum dan ketertiban dan keamanan di negara ini. (Baca juga: Nih, Pengalaman Menarik yang Bisa Dijumpai saat Liburan ke Jerman)

10. Kepolisian Bersenjata Rakyat China

Inilah 10 Kepolisian Terbaik di Dunia


Kepolisian Bersenjata Rakyat China (The People’s Armed Police Force/PAP) memiliki personel sangat besar yakni sekitar 1,6 juta orang. PAP tidak hanya bertugas melakukan penegakan hukum dan pemeliharaan perdamaian. (Baca juga: Bak Film Aksi, Polisi Gagalkan Upaya Penculikan Orang Terkaya Keenam China)

Mereka juga bertanggung jawab untuk berbagai fungsi penting seperti pemadam kebakaran, keamanan publik, pemberantasan obat-obatan terlarang dan perdagangan manusia, serta mendeteksi kejahatan lain. Meski memiliki personel besar namun PAP disebut-sebut sebagai salah satu kepolisian paling efisien di dunia.

Sumber: wapsofworld.coww.mm
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)