Moskow: Turki Tak Bisa Jual Sistem Rudal S-400 Rusia ke AS!

Kamis, 02 Juli 2020 - 10:09 WIB
loading...
A A A
"Saya tidak berpikir ini akan terjadi dan saya pikir Turki tidak akan mempertimbangkan proposal ini," kata Slutsky seperti dikutip Sputnik Turkish.

Turki menandatangani kesepakatan untuk membeli empat baterai sistem rudal itu dari Rusia pada September 2017 dengan harga hampir USD2,5 miliar. Turki sejauh ini telah menerima batch pertama senjata pertahanan tersebut yang menelan biaya USD1,3 miliar dolar, dan batch kedua dengan biaya USD1,2 miliar masih dalam proses.

Perjanjian yang ditandatangani antara Moskow dan Ankara belum diungkapkan kepada publik, oleh karena itu rincian tentang transfer teknologi dan produksi bersama, serta rincian lainnya seperti kemungkinan menjual sistem pertahanan kepada pihak ketiga tidak tersedia untuk publik. (Baca juga: India Bentrok dengan China, Rusia Percepat Pengiriman S-400 ke New Delhi )

Pada awal Juni, Duta Besar Rusia untuk Ankara Alexei Yerhov mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNN Turk bahwa Rusia tidak akan memiliki sikap penentangan terhadap apa yang dilakukan Turki dengan sistem rudal itu karena Ankara adalah "pemilik sistem".

"Katakanlah saya distributor mobil dan Anda ingin membeli kendaraan dari saya. Kami mendapat uang dan menjual kendaraan kepada Anda. Kendaraan ini milik Anda. Apakah Anda pergi ke pantai, membawa kentang atau memasang senapan mesin di atasnya, bergabung dengan perang, itu adalah hak alami Anda untuk menyimpannya di garasi," kata Yerhov.

Namun, melihat pernyataan baru-baru ini oleh pejabat Rusia, tampaknya Turki diizinkan untuk "membawa kentang" dengan sistem S-400, seperti yang disarankan oleh duta besar Rusia, tetapi tidak diizinkan untuk menjualnya ke Amerika Serikat.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)