Pertama di Dunia, Kota Ini Bakal Melarang Iklan Daging

Kamis, 08 September 2022 - 03:16 WIB
loading...
Pertama di Dunia, Kota Ini Bakal Melarang Iklan Daging
Kota Harleem di Belanda akan menjadi kota pertama di dunia yang melarang iklan daging. Foto/Ilustrasi
A A A
AMSTERDAM - Kota Haarlem di Belanda akan menjadi kota pertama di dunia yang melarang iklan daging karena dampaknya terhadap perubahan iklim. Hal itu diungkapkan oleh para pejabat setempat.

Kota berpenduduk 160 ribu jiwa yang berada dekat Amsterdam telah setuju untuk melarang iklan daging yang dibudidayakan secara intensif di tempat-tempat umum seperti bus, tempat penampungan, dan tirai mulai tahun 2024.

Langkah itu disetujui oleh dewan kota pada bulan November lalu, tetapi tidak diketahui sampai minggu lalu ketika seorang anggota dewan mengumumkan bahwa dia telah secara resmi memberi tahu biro iklan.

"Ini akan menjadi kota pertama di Belanda, bahkan Eropa dan bahkan dunia, yang melarang iklan daging 'buruk' di tempat umum," ujar Ziggy Klazes, anggota dewan partai GroenLinks (Kiri-Hijau) yang merancang gerakan itu kepada AFP seperti dikutip dari France24, Kamis (8/9/2022).

Dia mengatakan itu bertentangan dengan politik kota untuk menghasilkan uang dengan menyewakan ruang publik kota bagi produk yang mempercepat pemanasan global.

"Larangan itu akan menargetkan semua daging murah dari pertanian intensif," kata Klazes.

"Sejauh yang saya ketahui itu termasuk iklan dari rantai makanan cepat saji," ia menambahkan.

Baca: Diterjang Krisis, Restoran Vegan Terpaksa Sajikan Menu Daging

Pemerintah kota Harleem belum memutuskan apakah akan melarang iklan daging organik.

Amsterdam dan Den Haag telah melarang iklan untuk perjalanan udara, mobil berbahan bakar bensin, dan bahan bakar fosil, tetapi sekarang Haarlem akan menambahkan daging ke dalam daftar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2022 seconds (10.55#12.26)