Resmi, Liz Truss Jadi PM Inggris Setelah Bertemu Ratu Elizabeth II

Selasa, 06 September 2022 - 23:49 WIB
loading...
Resmi, Liz Truss Jadi PM Inggris Setelah Bertemu Ratu Elizabeth II
Mantan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss resmi menjadi Perdana Menteri negara itu setelah bertemu dengan Ratu Elizabeth II pada Selasa (6/9/2022). Foto/TRT World
A A A
LONDON - Mantan Menteri Luar Negeri Inggris , Liz Truss, resmi menjadi perdana menteri baru negara itu setelah bertemu Ratu Elizabeth II pada Selasa (6/9/2022). Truss menjadi perdana menteri Inggris setelah Boris Johnson mengundurkan diri pada bulan Juli lalu.

Perempuan berusia 47 tahun itu terlihat berjabat tangan dengan Ratu Inggris untuk menerima tawarannya membentuk pemerintahan baru dan menjadi perdana menteri ke-15 dalam 70 tahun pemerintahannya.

Upacara simbolis berlangsung di retret Balmoral yang terpencil di Dataran Tinggi Skotlandia, karena Ratu Elizabeth (96) dianggap tidak layak untuk kembali ke London karena kesehatan yang buruk.

"Ratu menerimahadirinterhormat Elizabeth Truss MP hari ini dan memintanya untuk membentuk pemerintahan baru," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.

"Nyonya Truss menerima tawaran Yang Mulia dan mencium tangan saat pengangkatannya sebagai perdana menteri," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari France24.

Terakhir kali penyerahan kekuasaan terjadi di Balmoral adalah pada tahun 1885, ketika ratu Victoria naik takhta.

Biasanya, perdana menteri yang lengser dan yang akan datang bertemu dengan ratu secara berurutan di Istana Buckingham di pusat kota London.

Itu hanya diadakan sekali di luar London sejak 1952, ketika Winston Churchill bertemu ratu baru di Bandara Heathrow setelah kematian ayahnya, raja George VI.

Truss diumumkan sebagai pemenang pemungutan suara internal anggota partai Konservatif pada hari Senin setelah kontes melelahkan yang dimulai pada bulan Juli.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)