Komentar Tegas Rusia tentang Liz Truss Jadi Perdana Menteri Baru Inggris

Selasa, 06 September 2022 - 16:04 WIB
loading...
Komentar Tegas Rusia tentang Liz Truss Jadi Perdana Menteri Baru Inggris
Liz Truss di luar markas Partai Konservatif, setelah diumumkan sebagai Perdana Menteri Inggris berikutnya, di London, Inggris, 5 September 2022. Foto/REUTERS/Phil Noble
A A A
MOSKOW - Rusia tidak mengharapkan hubungannya dengan Inggris membaik setelah Liz Truss terpilih menjadi perdana menteri baru Inggris.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengungkapkan hal itu pada Selasa (6/9/2022).

“Sejujurnya, dilihat dari pernyataan yang dibuat Truss pada negara kita ketika dia menjabat sebagai menteri luar negeri dan menjadi kandidat (PM), orang dapat berasumsi dengan tingkat kepercayaan yang tinggi bahwa tidak ada perubahan menjadi lebih baik yang dapat diharapkan,” ujar dia kepada wartawan.

Peskov juga menolak berkomentar apakah Presiden Rusia Vladimir Putin bermaksud memberi selamat kepada Truss atas kemenangannya, dengan mengatakan lebih baik bertanya kepada presiden Rusia sendiri.



Pada Senin, Liz Truss terpilih memimpin Partai Konservatif dan menjadi perdana menteri Inggris berikutnya setelah pertarungan dua bulan melawan sejumlah pesaing, termasuk mantan menteri keuangan Rishi Sunak.

Truss menang dengan selisih 57,4% berbanding 42,6%. Kemenangannya tidak mengejutkan karena jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan dia menikmati dukungan luar biasa di antara anggota Tory (Partai Konservatif).

Sebagai menteri luar negeri, Truss telah bersikap keras terhadap Rusia, mengutuk Moskow atas serangan militernya di Ukraina.



Selama kampanyenya untuk kepemimpinan Tory, dia mengklaim telah “menghadapi (Presiden Rusia) Vladimir Putin dengan menargetkan Rusia dengan sanksi terberat yang pernah dilihat rezimnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)