Sebut Wanita Menginginkan Diperkosa, Uskup Yunani Picu Kemarahan

Sabtu, 03 September 2022 - 15:42 WIB
loading...
Sebut Wanita Menginginkan Diperkosa, Uskup Yunani Picu Kemarahan
Chrysostomos, uskup Kristen Ortodoks di Yunani yang memicu kemarahan karena menyalahkan wanita yang menjadi korban pemerkosaan. Foto/ekathimerini
A A A
ATHENA - Seorang uskup Ortodoks Yunani memicu kemarahan publik karena mengatakan bahwa wanita yang diperkosa “menginginkannya".

Dalam sebuah wawancara dengan penyiar SKAI TV, Uskup Metropolitan Dodoni; Chrysostomos, mengatakan: “Seorang wanita tidak membiarkan dirinya diperkosa tanpa menginginkannya.”

Dia juga menentang aborsi, bahkan dalam kasus pemerkosaan. Dia mengeklaim bahwa wanita tidak bisa hamil karena pemerkosaan.

Baca juga: Tegang, Sistem Rudal S-300 Yunani Mengunci Jet Tempur F-16 Turki

Menanggapi komentar tersebut, Menteri Pendidikan Niki Kerameos mengatakan pernyataan uskup itu "tidak terpikirkan dan tercela”.

"Tidak sesuai dengan posisi gereja yang sebenarnya mendukung perempuan korban pelecehan dan pemerkosaan," katanya.

Menteri Kesehatan Thanos Plevris mengatakan tidak dapat diterima untuk membenarkan tindakan pemerkosaan dengan mengklaim itu adalah kesalahan korban.

Menurutnya, pernyataan Uskup Chrysostomos itu adalah pernyataan yang paling tidak dapat diterima yang pernah dia dengar dari seorang anggota hierarki.

Sekretaris komite pusat SYRIZA, Rania Svigou, mengatakan seperti itu mengerikan yang datang dari masa "obskurantisme dan perburuan penyihir".

“Pemerkosaan adalah kejahatan; penentuan nasib sendiri perempuan atas tubuh mereka sendiri adalah hak," tegas dia, seperti dikutip ekathimerini, Sabtu (3/9/2022).

"Sinode Suci Gereja Yunani menodai dan sangat tidak adil terhadap inisiatif penting dan pekerjaan diam gereja...yang setiap hari mendukung wanita yang dilecehkan melalui tindakan untuk mendukung mereka dan asrama untuk menampung mereka," paparnya.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1684 seconds (10.101#12.26)