Zelensky: Ukraina Bisa Menjadi Pusat Energi Hijau untuk Eropa

Sabtu, 03 September 2022 - 13:40 WIB
loading...
Zelensky: Ukraina Bisa Menjadi Pusat Energi Hijau untuk Eropa
Zelensky: Ukraina Bisa Menjadi Pusat Energi Hijau untuk Eropa. FOTO/Anadolu Agency
A A A
ROMA - Ukraina dapat menjadi "pusat energi hijau" untuk Eropa dan membantu mengurangi ketergantungannya pada gas Rusia. Hal itu diungkapkan Presiden Volodymyr Zelensky, Jumat (2/9/2022).

“Kami dapat membantu menstabilkan konsumsi energi di negara-negara tetangga dan Eropa, dan ini dapat mengurangi tekanan Rusia di Eropa,” kata Zelensky dalam pesan video yang disiarkan di Forum Ambrosetti ekonomi di Cernobbio, Italia utara.



“Sejauh ini, meskipun sulit, kami dapat mengekspor energi setara dengan 8% kebutuhan Italia,” tambah Zelenksy, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

“Apalagi, Ukraina dapat menjadi pusat energi hijau bagi Eropa. Kami memiliki potensi besar untuk mengembangkan energi terbarukan dan hidrogen hijau,” lanjutnya.

Zelensky juga mengatakan, Ukraina siap untuk meningkatkan ekspor listrik ke negara-negara Uni Eropa. Ia menekankan pentingnya memungkinkan pembangkit nuklir Zaporizhzhia untuk beroperasi dengan aman dan tetap terhubung ke jaringan listrik Ukraina.



Pasukan Rusia dan Ukraina telah menuduh satu sama lain menembaki pabrik di Ukraina selatan, meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan bencana nuklir.

Badan Energi Atom Internasional sedang melakukan misi ke pembangkit nuklir Zaporizhzhia untuk membuat penilaian yang tidak memihak terhadap situasi, tetapi untuk saat ini belum diizinkan memasuki pusat krisis pabrik, di mana Ukraina mengatakan pasukan Rusia ditempatkan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)