Wanita Ini Klaim Dinikahi Paksa Eks Pejabat Taliban dan Diperkosa Berbulan-bulan

Sabtu, 03 September 2022 - 02:15 WIB
loading...
A A A
Khosty, yang dicopot dari perannya sebagai juru bicara Kementerian Dalam Negeri pada bulan Maret, mengonfirmasi pernikahannya dengan Elaha dalam sebuah tweet, tetapi mengeklaim telah menceraikannya setelah dia menghina Al-Qur'an.

"Saya menikahi seorang gadis bernama Elaha atas permintaannya," kata mantan pejabat Taliban itu. "Saya melihat dia memiliki masalah iman dalam Islam, dan saya mencoba untuk memperbaikinya melalui nasihat dan diskusi. Tapi itu tidak berhasil, dan dia jelas menghina Al-Qur'an."

"Saya tidak memukulnya," sangkalnya. "Saya menggunakan hak hukum saya dan menceraikannya. Saya sangat menyesali pernikahan saya yang dianggap tidak baik dan meminta maaf kepada Mujahidin Emirat Islam [Taliban] dan orang-orang Afghanistan."

Khosty mengonfirmasi kepada CBS News, yang dilansir Jumat (2/9/2022)bahwa dia menikahi Elaha sebagai istri keduanya pada Januari. Dia mengatakan dirinya saat ini tidak memegang posisi pemerintah dalam rezim Taliban.

Dalam tweet lain, dia mengatakan;"Jika Elaha percaya pada pengadilanEmirat Islam, dia dapat mengajukan keluhan terhadap saya. Jika saya bersalah, pengadilan harus menghukum saya. Jika dia tidak percaya pada pengadilan Emirat Islam, saya siap untuk pergi bersamanya ke pengadilan mana pun yang dia inginkan. Tolong jangan gunakan masalah keluarga secara politis."

Video lain yang tersebar luas di kalangan warga Afghanistan secara online, dengan tanggal rekaman yang tidak diketahui, menunjukkan Elaha memegang sekop dan menghadapi Khosty, menuntut agar dia meninggalkan rumahnya saat Khosty mengancamnya dan memperingatkan: "Saya juga mempersenjatai orang-orang dengan saya."

Setelah kelompok Taliban merebut kembali kendali atas Afghanistan pada Agustus 2021, banyak pejabat kelompok itu dengan cepat menikahi para wanita sebagai istri kedua dan ketiga. Masalah ini membawa perhatian negatif yang cukup pada rezim baru untuk mendorong pemimpin tertinggi Taliban mengeluarkan dekrit yang menginstruksikan anggotanya untuk menghindari lebih dari satu pernikahan.

Juru kampanye Amnesty International dan aktivis hak-hak perempuan Samira Hamidi mengatakan dalam sebuah tweet: "Kesaksian Elaha, seorang mahasiswi kedokteran, tentang pernikahan paksa, pemerkosaan, dan penyiksaan oleh Taliban bersenjata yang kuat adalah kenyataan yang mengejutkan dari apa yang dihadapi puluhan perempuan dan anak perempuan."

Dia meminta PBB untuk segera bertindak untuk menyelamatkan Elaha.

Teman Elaha mengatakan kepada CBS News bahwa wanita itu, yang memarnya terlihat video, tetap berada di Kabul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)