3 Negara yang Pernah Berperang dengan China

Jum'at, 02 September 2022 - 19:12 WIB
loading...
A A A
China membawa 200 ribu prajurit, 400 tank dan 1500 artileri ke dalam wilayah perbatasan tersebut.

Perang yang terjadi di antara dua negara ini dilatarbelakangi sebagai tanggapan China pada tindakan provokatif yang dilakukan oleh Hanoi dalam mendukung Hanoi melawan pasukan AS pada perang Vietnam.

Namun pada pertengahan 1970 persahabatan keduanya memburuk ketika Vietnam bergabung dengan Dewan Kerjasama Ekonomi Bersama (Comecon) yang didominasi Soviet dan menandatangani perjanjian persahabatan dan kerjasama dengan Uni Soviet yang merupakan musuh terbesar China pada tahun 1978.

Hal inilah yang menjadi pemicu kedua negara tersebut selalu melakukan perang balasan.

3. India dengan China

Sebelum kedua negara ini terlibat perang, keduanya memiliki hubungan baik satu sama lain. India dan China sendiri merupakan negara dengan peradaban paling tua di Asia.



Pada tahun 1949 India menjadi negara kedua yang mengakui bahwa China menjadi langkah lain untuk hubungan yang baik, sehingga adanya kesepakatan antara keduanya untuk hidup berdampingan dengan damai yang tertulis dalam perjanjian Panchsheel.

Perjanjian Panchsheel sendiri merupakan perjanjian dimana kedua negara harus menghormati integritas teritorial masing-masing, kebijakan saling non agresi dan non intervensi dalam masalah domestik yang saling menguntungkan.

Perdana Menteri China Zhou Enlai saat itu juga mengunjungi India dan mengatakan tidak akan ada perang di masa depan pada keduanya. Hingga pada 1950 hingga 1959 kedua negara tersebut memiliki slogan yang berbunyi, “Hindi Chini Bhai Bhai” yang berarti persaudaraan antara masyarakat India dengan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)