Joe Biden: Donald Trump dan Pendukungnya Ancaman Bagi AS

Jum'at, 02 September 2022 - 18:50 WIB
loading...
Joe Biden: Donald Trump dan Pendukungnya Ancaman Bagi AS
Presiden Joe Biden menyebut Donald Trump dan pendukungnya ancaman bagi AS dalam pidatonya. Foto/NBC News
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden memperingatkan bahwa kesetaraan dan demokrasi di Amerika Serikat (AS) tengah diserang saat ia menggunakan pidato prime-time untuk membunyikan alarm tentang pendahulunya Donald Trump .

Presiden AS itu menyebut penganut “MAGA Republican” sebagai ancaman ekstremis bagi Amerika dan masa depannya.

Biden menggunakan pidatonya di Independence Hall di Philadelphia untuk menyatakan bahwa Trump dan sekutu “Make America Great Again” adalah tantangan bagi sistem pemerintahan negara, posisinya di luar negeri dan cara hidup warganya.

“Donald Trump dan Partai Republik MAGA mewakili ekstremisme yang mengancam fondasi Republik kita,” kata Biden seperti dikutip dari Evening Standard, Jumat (2/9/2022).

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa para pendukung mantan presiden tersebut bertekad untuk membawa negara itu mengalami kemunduran, mempromosikan para pemimpin otoriter dan mengipasi api kekerasan politik.



“(Mereka ingin membawa negara) mundur ke Amerika di mana tidak ada hak untuk memilih, tidak ada hak untuk privasi, tidak ada hak untuk kontrasepsi, tidak ada hak untuk menikahi orang yang Anda cintai," ujarnya.

“Untuk waktu yang lama, kami telah meyakinkan diri kami sendiri bahwa demokrasi Amerika dijamin. Tapi tidak. Kita harus mempertahankannya. Lindungi itu. Berdiri untuk itu. Masing-masing dari kita,” imbuhnya.

Upaya eksplisit oleh Biden untuk meminggirkan Trump dan para pengikutnya menandai perubahan tajam bagi Presiden, yang mengungkapkan keinginannya untuk mewujudkan persatuan nasional dalam pidato pelantikannya.

Pejabat Gedung Putih mengatakan pernyataan Biden itu mencerminkan kekhawatirannya yang meningkat tentang proposal ideologis sekutu Trump dan penolakan tanpa henti terhadap hasil pemilu 2020 negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)