Pistol Macet Gagalkan Upaya Pembunuhan Wakil Presiden Argentina

Jum'at, 02 September 2022 - 15:21 WIB
loading...
A A A
Dalam video lain yang diposting di media sosial, orang-orang di kerumunan tampak mencoba menghalangi de Kirchner dari tersangka pria bersenjata itu.



Menteri Ekonomi Argentina, Sergio Massa, menyebut percobaan penembakan itu sebagai "usaha pembunuhan".

"Ketika kebencian dan kekerasan menang atas perdebatan, masyarakat hancur dan situasi seperti ini muncul: percobaan pembunuhan," katanya dalam sebuah tweet.



Seorang juru bicara polisi sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa sebuah senjata ditemukan beberapa meter dari tempat kejadian setelah pria itu ditangkap.

Dalam beberapa hari terakhir, ratusan pengunjuk rasa berkumpul untuk mendukung de Kirchner di luar rumah perempuan berusia 69 tahun di ibu kota saat persidangan terkait kasus korupsi terhadapnya sedang berlangsung.

De Kirchner dituduh menipu negara dan secara curang memberikan kontrak pekerjaan umum di kubunya di Patagonia ketika dia menjadi presiden antara 2007 dan 2015.

Jika terbukti bersalah di persidangan, jaksa telah meminta agar mantan presiden itu menghadapi hukuman 12 tahun penjara dan larangan berpolitik seumur hidup.

Namun, de Kirchner adalah presiden Senat dan menikmati kekebalan parlemen. Dia tidak akan dipenjara kecuali hukumannya disahkan oleh Mahkamah Agung negara itu, atau dia kehilangan kursi Senatnya pada pemilihan berikutnya pada akhir 2023.

De Kirchner telah menghadapi banyak pengadilan korupsi lainnya saat b sebagai presiden. Putusan sidang ini diperkirakan akan memakan waktu beberapa bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)