Putra Tokoh Revolusioner Marxist Che Guevara Meninggal Dunia

Kamis, 01 September 2022 - 03:33 WIB
loading...
Putra Tokoh Revolusioner Marxist Che Guevara Meninggal Dunia
Putra tokoh revolusioner Marxist Che Guevara, Camilo Guevara March, meninggal dunia akibat serangan jantung. Foto/The Guardian
A A A
HAVANA - Putra pemimpin revolusioner kelahiran Argentina Ernesto "Che" Guevara, Camilo Guevara March (60), meninggal dunia. Pejabat Kuba mengatakan dia meninggal karena serangan jantung yang disebabkan oleh gumpalan darah di paru-parunya.

Pejabat Kuba mengatakan Camilo Guevara meninggal saat berkunjung ke ibu kota Venezuela, Caracas.

Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel memberikan penghormatan kepadanya dalam sebuah tweet.

"Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengucapkan selamat tinggal kepada Camilo, putra Che dan promotor ide-idenya," kata Diaz-Canel seperti dikutip dari BBC, Kamis (1/9/2022).



Camilo Guevara mendedikasikan sebagian besar karirnya untuk mendokumentasikan kehidupan ayahnya, yang berjuang bersama Fidel Castro dalam revolusi Kuba. Dia menentang penggunaan gambar ayahnya - dipopulerkan oleh foto Alberto Korda - untuk tujuan komersil.

Camilo adalah salah satu dari empat anak yang dimiliki Che Guevara dengan istri keduanya, Aleida March.

Sementara kakak perempuannya Aleida mengambil peran sebagai juru bicara keluarga, Camilo memimpin Pusat Studi Che Guevara di Ibu Kota Kuba, Havana. Pusat, tempat arsip pribadi Che Guevara disimpan, mempromosikan kehidupan, pekerjaan, dan pemikiran pemimpin revolusioner itu.

Lahir di Argentina, Che Guevara bisa dibilang menjadi wajah paling terkenal dari revolusi Kuba setelah bergabung dengan Castro bersaudara, Fidel dan Raul, dalam perjuangan mereka yang sukses untuk menggulingkan pemerintahan Fulgencio Batista.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)