Putin Tak Akan Hadiri Pemakaman Gorbachev

Kamis, 01 September 2022 - 22:25 WIB
loading...
Putin Tak Akan Hadiri Pemakaman Gorbachev
Putin Tak Akan Hadiri Pemakaman Gorbachev. FOTO/Sky News
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (1/9/2022) memberikan penghormatan kepada Mikhail Gorbachev . Namun, Putin tidak akan menghadiri pemakaman mantan pemimpin Soviet itu, sebuah keputusan yang mencerminkan ambivalensi Kremlin tentang warisan Gorbachev.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, sebelum berangkat untuk perjalanan kerja ke Baltik, Putin mengunjungi sebuah rumah sakit di Moskow, di mana jenazah Mikhail Gorbachev disimpan sebelum pemakaman pada Sabtu (3/9/2022). Putin meletakkan bunga di peti mati Gorbachev.



“Sayangnya, jadwal kerja presiden tidak mengizinkannya melakukan itu pada hari Sabtu, jadi dia memutuskan untuk melakukannya hari ini,” kata Peskov dalam panggilan konferensi dengan wartawan, seperti dikutip dari AP.

Televisi pemerintah Rusia menunjukkan Putin berjalan ke peti mati terbuka Gorbachev dan meletakkan buket mawar merah di sebelahnya. Putin berdiri dalam diam selama beberapa saat, menundukkan kepalanya, menyentuh peti mati, membuat tanda salib dan berjalan pergi.

Gorbachev, yang wafat pada Selasa (30/8/2022), akan dimakamkan di pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya Raisa setelah upacara perpisahan akan diadakan di Aula Pilar House of the Unions, sebuah rumah ikonik di dekat Kremlin yang telah berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan negara. pemakaman sejak zaman Soviet.



Ketika ditanya apakah Gorbachev akan diberikan pemakaman kenegaraan, Peskov mengatakan pemakaman akan memiliki "elemen" pemakaman kenegaraan, seperti penjaga kehormatan, dan pemerintah akan membantu mengaturnya. Dia tidak akan menjelaskan bagaimana upacara itu akan berbeda dari pemakaman kenegaraan yang lengkap.

Keputusan Putin untuk melakukan kunjungan pribadi ke rumah sakit sambil menjauh dari upacara perpisahan publik hari Sabtu dikombinasikan dengan ketidakpastian seputar status pemakaman mencerminkan kegelisahan Kremlin tentang warisan Gorbachev.

Gorbachev mendapat pujian di Barat karena mengakhiri Perang Dingin, tetapi dicerca oleh banyak warga dalam negeri karena tindakan yang menyebabkan runtuhnya Soviet 1991 dan menjerumuskan jutaan orang ke dalam kemiskinan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)