Cari Tahu Perbedaan Antara Kelompok Hamas dan Fatah di Palestina

Kamis, 01 September 2022 - 16:23 WIB
loading...
A A A
Pada akhir 1980-an ia mulai mencari solusi dua negara melalui jalur diplomatik, dan para pemimpinnya adalah pemain terkemuka dalam proses perdamaian Oslo yang mendirikan Otoritas Palestina.

Fatah telah meninggalkan asal-usul kekerasannya dan sekarang menjadi pendukung utama perlawanan damai tanpa kekerasan.



Selain itu, Brigade Martir al-Aqsa yang berafiliasi dengan Fatah telah memihak Hamas dalam gencatan senjata militan melawan Israel selama lebih dari sepuluh tahun.

Namun, meskipun brigade tersebut mengklaim hanya melakukan “serangan balasan”, tidak dapat disangkal bahwa sisi kekerasan partai tersebut belum sepenuhnya hilang.

Fatah selalu menjadi partai terdepan. Meski begitu, dukungan Hamas-pun juga tumbuh lebih besar hingga Fatah dikalahkan dalam pemilihan tahun 2006.

Setelah berbulan-bulan kerusuhan dan ketidakstabilan internal, kedua pihak menemukan kesepakatan dan Fatah bergabung dengan pemerintah persatuan sebagai mitra junior sementara Hamas menjadi mitra senior pada Maret 2007.

Sejak 2011, ketegangan antara kedua kelompok ini kembali terjadi, rekonsiliasi final dan lengkap juga belum tercapai. dan saat ini, Mahmoud Abbas (pemimpin Fatah) adalah Presiden Palestina.



Penulis: MG/Vadma Gempita
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)