Apakah Israel Punya Nuklir yang Pembuatannya Dirahasiakan? Ikuti Ulasan dan Sejarahnya

Rabu, 31 Agustus 2022 - 19:55 WIB
loading...
A A A
Selama kunjungan ini para ilmuwan melaporkan bahwa terdapat dinding yang baru dibangun. Ternyata selama kunjungan Amerika, Israel telah membangun deretan tembok palsu yang menyembunyikan proses pembuatan nuklirnya.

Karena banyaknya bukti program pengembangan senjata nuklir ini, pada tahun 1968 direktur CIA Richard Helms mengatakan kepada Presiden Johnson bahwa Israel memang berhasil membuat senjata nuklir dan angkatan udaranya telah melakukan serangan mendadak untuk berlatih menjatuhkannya.

Baca: Mengapa Israel Ingin Menghancurkan Masjid Al Aqsa?

Beberapa tahun kemudian, pada 22 September 1979, sebuah satelit AS, Vela 6911, mendeteksi kilatan ganda yang khas dari uji coba senjata nuklir di lepas pantai Afrika Selatan.

Sumber-sumber Israel mengatakan bahwa flash yang diambil oleh satelit Vela sebenarnya adalah yang ketiga dari serangkaian uji coba nuklir Samudera Hindia yang dilakukan mereka yang bekerja sama dengan Afrika Selatan.

Namun Israel sampai saat ini memang tidak pernah mengakui bahwa mereka memiliki teknologi untuk menciptakan senjata mematikan tersebut.

Sumber:
https://www.theguardian.com/world/2014/jan/15/truth-israels-secret-nuclear-arsenal
https://nuke.fas.org/guide/israel/nuke/
(esn)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2264 seconds (10.55#12.26)