Survei: 40% Lebih Orang Amerika Berpikir Perang Saudara Mungkin Terjadi

Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:03 WIB
loading...
A A A
“6 Januari adalah hasil dari taktik yang sama oleh Presiden Trump dan sekutunya,” ujarnya.



Sembilan kematian termasuk bunuh diri di antara petugas polisi telah dikaitkan dengan serangan Capitol pada 6 Januari 2021, ketika para pendukung Trump disuruh "berjuang seperti neraka" untuk membatalkan kekalahannya oleh Joe Biden, berusaha menghentikan sertifikasi hasil pemilu.

Sejak itu, ketakutan akan kekerasan politik tumbuh.

Sebagian besar ahli percaya bahwa konflik bersenjata skala penuh, seperti perang saudara Amerika tahun 1861-65, tetap tidak mungkin terjadi.

Tetapi banyak yang takut akan peningkatan divisi politik yang bergerigi dan kekerasan politik yang eksplisit, terutama karena politisi Partai Republik yang mendukung kebohongan Trump tentang kecurangan pemilu mencalonkan diri untuk Kongres, gedung-gedung gubernur, dan pos-pos pemilihan utama negara bagian.

Bulan ini, Rachel Kleinfeld, seorang spesialis dalam konflik sipil di Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan kepada The Guardian: “Negara-negara dengan demokrasi dan pemerintahan sekuat Amerika tidak jatuh ke dalam perang saudara. Tetapi jika institusi kita melemah, ceritanya bisa berbeda.”



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)