Survei: 40% Lebih Orang Amerika Berpikir Perang Saudara Mungkin Terjadi

Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:03 WIB
loading...
Survei: 40% Lebih Orang Amerika Berpikir Perang Saudara Mungkin Terjadi
Penyerbuan gedung Capitol AS pada 6 Januari 2020 oleh para pendukung Donald Trump. Foto/NPR
A A A
WASHINGTON - Sebuah survei menunjukkan lebih dari dua perlima orang Amerika Serikat (AS) percaya perang saudara mungkin akan terjadi setidaknya dalam 10 tahun ke depan.

Di tengah retorika yang memanas dari para pendukung Donald Trump , temuan tersebut, dalam penelitian YouGov dan the Economist, mengikuti hasil serupa dalam jajak pendapat lainnya.

Dalam jajak pendapat YouGov and the Economist, 65% dari semua responden mengatakan kekerasan politik telah meningkat sejak awal tahun 2021. Sedikit lebih sedikit, 62%, berpikir kekerasan politik akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Peserta juga ditanya: “Melihat ke depan 10 tahun ke depan, menurut Anda seberapa besar kemungkinan akan ada perang saudara di negara ini?”

Di antara semua warga AS, 43% mengatakan perang saudara setidaknya agak mungkin terjadi. Di antara pendukung Partai Demokrat dan independen yang kuat, angka itu adalah 40%. Tetapi di antara pendukung Partai Republik yang kuat, 54% mengatakan perang saudara setidaknya agak mungkin terjadi seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (30/8/2022).



Sebelumnya, pada Minggu malam, senator Carolina Selatan Lindsey Graham meramalkan kerusuhan akan pecah jalan-jalan jika mantan Presiden AS Donald Trump didakwa atas penyimpanan dokumen rahasia setelah meninggalkan Gedung Putih, materi yang ditemukan oleh FBI di rumah Trump bulan ini.

Pernyataan Graham ini pun mendapat teguran yang luar. Salah satunya adalah mantan pejabat Wakil Jaksa Agung Mary McCord.

"Sangat tidak bertanggung jawab bagi seorang pejabat terpilih untuk pada dasarnya membuat ancaman kekerasan terselubung, hanya jika penegak hukum dan Departemen Kehakiman melakukan pekerjaan mereka," kata McCord kepada CNN.

"Mengatakan orang-orang marah, mereka mungkin melakukan kekerasan," kata McCord, menunjukkan bahwa apa yang Trump ketahui dan apa yang juga diketahui Lindsey Graham adalah bahwa orang-orang mendengarkan itu dan orang-orang benar-benar memobilisasi dan melakukan sesuatu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)