Awan Ungu Misterius Muncul di Langit Bikin Geger Warga Kota Chili

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 12:57 WIB
loading...
Awan Ungu Misterius Muncul di Langit Bikin Geger Warga Kota Chili
Awan ungu misterius muncul di langit sebuah kota Chili membingungkan warga dan pejabat sekitar. Foto/Daily Mail
A A A
SANTIAGO - Awan ungu misterius yang menggantung di atas sebuah kota di Chili telah membingungkan penduduk dan pejabat setempat.Fenomena anehitu terjadi pada akhir pekan lalu.

Awan berwarna ungu cerah melayang rendah di atas Pozo Almonte, sebelah utara negara Amerika Selatan itu pada Minggu pagi.

Para pejabat sekarang sedang menyelidiki fenomena tersebut dan percaya itu mungkin disebabkan oleh kegagalan pompa di pabrik mineral. Awan yang telah menyebabkan kekhawatiran di masyarakat itu diyakini terdiri dari uap yodium.



Awan itu diamati di dekat tambang Cala Cala, milik Perusahaan Saltpetre dan Yodium (Cosayach).

"Kami sedang melakukan inspeksi, yang memberi tahu kami bahwa insiden ini disebabkan oleh kegagalan motor pompa impeller," kata Christian Ibanez, Wakil Kepala Wilayah Tarapaca Chili seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (26/8/2022).

Pejabat lingkungan setempat Emanuel Ibarra mengatakan kegagalan pompa telah menyebabkan yodium di pabrik berubah dari padat menjadi gas.



"Sampai sekarang, belum ada konsultasi medis atau pengaruh sebagai akibat dari situasi yang kami alami," ucap Perwakilan Wilayah Tarapaca Daniel Quinteros.

"Kami juga berhubungan dengan Pengawas Lingkungan sehingga besok kami dapat mengevaluasi pengajuan pengaduan atas ketidakpatuhan terhadap peraturan dan komitmen yang dibuat oleh perusahaan dalam masalah lingkungan," ia menambahkan.

Awan tersebut telah menyebar tetapi para pejabat tetap di lokasi selama 48 jam untuk memantau situasi.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2195 seconds (0.1#10.140)