Viral Video China Lakukan Tes Covid-19 pada Ikan

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 15:07 WIB
loading...
Viral Video China Lakukan Tes Covid-19 pada Ikan
Viral video yang memperlihatkan tes Covid-19 pada ikan di China. Foto/BBC
A A A
BEIJING - Lebih dari lima juta orang telah diperintahkan untuk menjalani tes Covid-19 di kota pesisir China , Xiamen, pada minggu ini. Tes dilakukan setelah sekitar 49 kasus virus terdeteksi.

Namun bukan hanya mereka yang menjalani tes Covid-19. Pemberitahuan resmi menyatakan bahwa beberapa binatang laut juga diharapkan melakukan tes Covid-19 massal terbaru.

Dalam beberapa minggu terakhir, komite distrik Pengendalian Pandemi Maritim Jimei Xiamen mengeluarkan pemberitahuan yang mengatakan bahwa ketika nelayan kembali ke pelabuhan mereka yaitu nelayan dan makanan laut mereka harus diuji.

Hasilnya, di tengah wabah terbaru ini, rekaman video muncul di beberapa platform media sosial termasuk Douyin - TikTok versi China - yang menunjukkan petugas medis memberikan tes PCR terhadap ikan dan kepiting hidup.

Meskipun ini mungkin terlihat tidak biasa, tapi ini bukan pertama kalinya ikan hidup dites Covid-19.



"Kami telah mengambil pelajaran dari Hainan, yang menjadi saksi wabah parah," kata seorang karyawan di Biro Pengembangan Kelautan Kota Xiamen kepada surat kabar South China Morning Post yang dinukil BBC, Jumat (19/8/2022).

"Dikatakan bisa dipicu oleh transaksi hasil laut antara nelayan lokal dengan rekan-rekan mereka di luar negeri," ujarnya.

Provinsi Hainan di China selatan, wilayah pesisir seperti Xiamen, telah mencatat lebih dari 10.000 kasus Covid-19 sejak awal Agustus, dan pihak berwenang mengatakan mereka yakin wabah ini kemungkinan terkait dengan komunitas nelayan.

Media China telah lama menyatakan keprihatinan bahwa kehidupan laut mungkin memiliki hubungan dengan virus Corona. Wabah Covid-19 pertama kali dikaitkan dengan pasar hewan dan makanan laut hidup di kota Wuhan, China tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)