Kapal Perang China Ketahuan Dekati Lokasi Tes Rudal Taiwan

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:22 WIB
loading...
Kapal Perang China Ketahuan Dekati Lokasi Tes Rudal Taiwan
Taiwan memulai putaran uji coba rudal pada Kamis (18/8/2022). Satu kapal perang China terdeteksi berada di dekat lokasi uji coba rudal tersebut. Foto/CNA
A A A
TAIPEI - Sebuah kapal perang China terdeteksi di perairan Green Island pada hari Kamis, ketika Taiwan hendak memulai putaran baru uji coba rudalnya.

Pengembang dan produsen senjata milik negara, National Chung Shan Institute of Science (NCSIS), mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan melakukan uji coba rudal dari pangkalan militer Jiupeng di Pingtung County pada 18 dan 19 Agustus serta pada 25 dan 26 Agustus.

NCSIS memperingatkan pesawat dan kapal untuk menghindari zona bahaya di lepas pantai Taitung County.

NCSIS tidak menetapkan batas ketinggian lintasan rudal, dengan zona bahaya membentang 200 kilometer dari pantai Taitung.

Baca juga: China: Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang

Itu mendorong spekulasi bahwa rudal yang diuji adalah rudal jelajah Hsiung Sheng, yang memiliki jangkauan 1.000-1.200 km.

Hanya beberapa jam sebelum tes rudal dimulai pada pukul 20.40 pada hari Kamis, sebuah kapal perusak berpeluru kendali milik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China terlihat berada di area 61 km timur laut Green Island.

Keberadaan kapal perang China itu diungkap seorang sumber di Angkatan Laut Taiwan kepada CNA dengan syarat anonimitas, Jumat (19/8/2022).

Sumber itu mengatakan setelah latihan tempur yang dilakukan PLA di sekitar Taiwan berakhir pada 9 Agustus, tiga kapal perusak berpeluru kendali dan satu kapal pengintai elektronik PLA tetap berada di perairan lepas pantai timur Taiwan, tetapi hanya satu kapal yang masih ada di sana pada hari Kamis.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1818 seconds (11.97#12.26)