Dari Nixon hingga Trump: Presiden AS yang Diselidiki oleh FBI

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 05:34 WIB
loading...
A A A
The Washington Post melaporkan pada bulan Agustus bahwa cek sebesar USD25.000 yang dialokasikan untuk kampanye Nixon tahun 1972 masuk ke rekening bank salah satu pria yang ditangkap karena pembobolan.

Setelah beberapa bulan, laporan dan investigasi menunjukkan keterlibatan Gedung Putih dalam pembobolan tersebut.



Pada 10 Oktober 1972, wartawan Washington Post mengungkapkan bahwa agen FBI telah menemukan hubungan antara pembantu Nixon dan pembobolan Watergate. Terungkap juga bahwa sistem perekaman dipasang di Oval Office, termasuk percakapan Nixon dengan pejabat Gedung Putih.

Pengadilan pembobolan Watergate telah dimulai pada 8 Januari 1973, dan proses pemakzulan terhadap Nixon dimulai di Komite Kehakiman DPR pada 9 Mei 1974.

Menghadapi risiko pemakzulan, Nixon membuat pidato pengunduran diri, menjadi satu-satunya presiden AS yang mengundurkan diri dari jabatannya.

2. Ronald Reagan

Pemerintahan Ronald Reagan, presiden AS ke-40, yang menjabat antara 1981-1989, menghadapi penyelidikan atas skandal Iran-Contra yang melibatkan penjualan senjata rahasia AS ke Iran dengan imbalan pembebasan warga Amerika yang disandera di Lebanon oleh Hizbullah.

Pemerintahan Reagan dilaporkan menggunakan uang dari penjualan itu untuk membantu pemberontak yang mencoba menggulingkan pemerintah Nikaragua, yang dibantah oleh Reagan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)