Dari Nixon hingga Trump: Presiden AS yang Diselidiki oleh FBI

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 05:34 WIB
loading...
Dari Nixon hingga Trump: Presiden AS yang Diselidiki oleh FBI
Dari Nixon hingga Trump: Presiden AS yang diselidiki oleh FBI. Foto/CJ US Jobs
A A A
JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Senin mengecam "serangan mendadak" terhadap tanah miliknya di Mar-a-Lago di Florida oleh sejumlah agen FBI . Ia menyebutnya sebagai "pelanggaran penuntutan" dan "persenjataan Sistem Peradilan."

“Hal seperti ini belum pernah terjadi pada seorang Presiden Amerika Serikat sebelumnya,” kata mantan presiden itu dalam sebuah pernyataan.

“Apa perbedaan antara ini dan Watergate, di mana para agen masuk ke Komite Nasional Demokrat? Di sini, sebaliknya, Demokrat masuk ke rumah Presiden Amerika Serikat ke-45,” tambahnya, mengacu pada perampokan ilegal tahun 1972, bukan penggeledahan resmi yang disetujui oleh penegak hukum dan otoritas kehakiman.

Meskipun ini adalah pertama kalinya dalam sejarah FBI menggerebek rumah mantan presiden AS, Trump bukanlah presiden AS pertama (mantan atau menjabat) yang diselidiki oleh FBI.

Berikut adalah presiden AS lainnya yang menghadapi penyelidikan FBI, tetapi semua saat mereka masih menjabat, bukan warga negara biasa, seperti dikutip dari Anadolu, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Trump Ungkap Kemungkinan Trik Kotor FBI dalam Penggeledahan Kediamannya

1. Richard Nixon

Dengan pidato pengunduran diri pada 8 Agustus 1974, Richard Nixon, presiden AS ke-37, mengundurkan diri untuk menghindari pemakzulan akibat skandal Watergate.

Watergate sering disebut sebagai salah satu skandal politik terbesar dalam sejarah AS.

Skandal itu pecah pada 17 Juni 1972, ketika polisi menangkap lima pria yang membobol kantor Komite Nasional Demokrat di kompleks Watergate di Washington, sebuah insiden yang digambarkan oleh Sekretaris Pers Nixon Ron Ziegler sebagai "upaya perampokan tingkat ketiga."
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1421 seconds (11.210#12.26)