Dari Nixon hingga Trump: Presiden AS yang Diselidiki oleh FBI

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 05:34 WIB
loading...
A A A
Penjualan senjata ke Iran mendapat kritik pada saat Iran menjadi sasaran embargo senjata dan merupakan paria bagi pemerintah AS, sebagian besar karena penyerbuan Kedutaan Besar AS di Teheran tahun 1979 dan selanjutnya penyanderaan 52 orang Amerika.

Beberapa pejabat Gedung Putih, termasuk anggota Dewan Keamanan Nasional Kolonel Oliver North, dihukum atas penyelidikan tersebut, tetapi tidak ada bukti yang ditemukan tentang keterlibatan Reagan.

3. Bill Clinton

Bill Clinton , presiden AS ke-42, dan istrinya (dan calon menteri luar negeri serta calon presiden) Hillary Clinton, diselidiki atas skandal Whitewater atas investasi real estat mereka di negara bagian Arkansas AS selatan sebelum keduanya mencapai Gedung Putih pada tahun 1993.

Whitewater Development Corporation adalah usaha bisnis yang gagal dari pasangan Clinton bersama dengan dua mitra bisnisnya, Jim dan Susan McDougal.

Keluarga Clinton dituduh menekan seorang bankir Arkansas untuk memberikan McDougal pinjaman ilegal, dan juga membuat "dana penipuan" untuk digunakan dalam kampanye gubernur Clinton.



Beberapa penyelidikan oleh badan-badan AS, Kongres, dan jaksa khusus diluncurkan mengenai tuduhan tersebut. Namun, keluarga Clinton dibebaskan dari kesalahan apa pun.

Bill Clinton juga menghadapi kasus pelecehan seksual terhadap pegawai magang Gedung Putih Monica Lewinsky, yang dibawa oleh mantan pegawai negara bagian Arkansas Paula Jones pada tahun 1994. Clinton membantah tuduhan itu tetapi dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS karena berbohong di bawah sumpah.

Pada Februari 1999, Senat membebaskan Clinton dari kedua pasal pemakzulan, setelah itu ia menjalani sisa masa jabatan keduanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)