Pentagon: 80.000 Tentara Rusia Tewas atau Terluka dalam Perang Ukraina

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:06 WIB
loading...
Pentagon: 80.000 Tentara Rusia Tewas atau Terluka dalam Perang Ukraina
Pentagon memperkirakan 80.000 tentara Rusia tewas atau terluka dalam perang di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Seorang pejabat senior Pentagon memperkirakan bahwa sebanyak 80.000 tentara Rusia tewasatauterluka di Ukraina sejak perang dimulai 24 Februari.

“Rusia mungkin telah mengambil 70 atau 80.000 korban dalam waktu kurang dari enam bulan,” kata Wakil Menteri Pertahanan AS Colin Kahl, seperti dikutip AFP, Selasa (9/8/2022).

Kahl juga mengatakan pasukan Rusia juga telah kehilangan 3.000 atau 4.000 kendaraan lapis baja.

Bahkan, kata dia, Rusia bisa kehabisan rudal presisi yang tersedia, termasuk rudal jelajah yang diluncurkan dari udara dan laut, setelah menembakkan sejumlah besar senjata tersebut ke sasaran Ukraina sejak meluncurkan invasi.



"Kerugian itu cukup luar biasa mengingat Rusia tidak mencapai tujuan [Presiden] Vladimir Putin pada awal perang," kata Kahl kepada wartawan.

Dia mengatakan perlambatan dalam penggunaan rudal jarak jauh dan peluru kendali presisi oleh pasukan Rusia merupakan indikator bahwa persediaan mereka telah jatuh mendekati apa yang dibutuhkan Moskow sebagai cadangan untuk "kontinjensi lainnya".

Kahl mengakui bahwa pihak Ukraina juga mengalami kerugian personel yang signifikan di medan perang, tetapi tidak memberikan angkanya.

“Kedua belah pihak mengambil korban. Perang ini adalah konflik konvensional paling intens di Eropa sejak Perang Dunia Kedua,” katanya.

“Tetapi Ukraina memiliki banyak keuntungan, tidak sedikit di antaranya adalah keinginan mereka untuk bertarung.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)