Agresi Militer Israel ke Jalur Gaza Tewaskan 24 Warga Sipil

Minggu, 07 Agustus 2022 - 06:56 WIB
loading...
Agresi Militer Israel ke Jalur Gaza Tewaskan 24 Warga Sipil
Sebanyak 24 orang warga sipil Palestina tewas akbibat agresi militer Israe ke Jalur Gaza. Foto/Anadolu
A A A
GAZA - Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan 24 warga sipil telah tewas di Jalur Gaza di mana militer Israel menargetkan anggota kelompok Jihad Islam Palestina (PIJ). Enam anak dan beberapa pejuang Jihad Islam - termasuk pemimpin Tayseer Jabari - termasuk di antara yang tewas.

Kementerian kesehatan Gaza menyalahkan "agresi Israel" atas kematian warga Palestina, dan atas 203 orang yang terluka seperti dikutip dari BBC, Minggu (7/8/2022).

Namun sejauh ini Hamas, kelompok militan terbesar di wilayah itu - yang memiliki ideologi serupa dengan Jihad Islam dan sering mengoordinasikan tindakannya - tampaknya tidak menembakkan senjata roketnya yang besar.

Akibatnya, tidak ada laporan serangan udara Israel yang menargetkan Hamas, yang akan menandai eskalasi kekerasan.

Hamas mengeluarkan pernyataan keras pada Jumat malam yang mengatakan bahwa "kelompok perlawanan" bersatu. Tetapi karena mengatur Gaza, Hamas memiliki pertimbangan praktisnya sendiri yang dapat menghentikannya untuk lebih terlibat.

Perhitungan Hamas bisa berubah, jika misalnya korban tewas warga sipil di Gaza meningkat pesat.

Jika Hamas memutuskan untuk bergabung dalam pertempuran maka itu akan menjadi jauh lebih intens dengan cepat.

Kehidupan di wilayah Palestina telah menjadi jauh lebih sulit dalam seminggu terakhir, setelah Israel menutup penyeberangannya dengan Gaza di tengah kekhawatiran bahwa Jihad Islam akan membalas penangkapan salah satu pemimpinnya di Tepi Barat utara.

Pada hari Sabtu, satu-satunya pembangkit listrik Gaza ditutup karena tidak menerima pengiriman bahan bakar, kata seorang juru bicara perusahaan listrik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)