Jihad Islam Palestina: Asal-usul, Perjuangan, Pelatihan dan Sumber Dananya

Minggu, 07 Agustus 2022 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Jihad Islam Palestina telah menjadi kekuatan pendorong dalam konfrontasi dengan pasukan Israel. Serangan udara hari Jumat menewaskan Taysir al-Jabari, seorang tokoh senior dan komandan wilayah utara gerakan itu.

Keanggotaan PIJ sulit dipastikan dengan perkiraan dari tahun lalu berkisar dari sekitar 1.000 pejuang hingga beberapa ribu orang, menurut World Factbook CIA.

Hamas yang telah berperang lima kali dengan Israel sejak 2009 dan PIJ terdaftar sebagai “organisasi teroris” oleh Barat.

Keduanya mendapatkan dana dan senjata dari Iran, dimana Pemimpin PIJ Ziad al-Nakhalah bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi pada hari penyerangan.

Tidak seperti Hamas, PIJ menolak mengikuti pemilu dan tampaknya tidak memiliki ambisi untuk membentuk pemerintahan di Gaza atau Tepi Barat.

Pelatihan dan Pendanaan

Iran memasok Jihad Islam dengan pelatihan, keahlian, dan uang, tetapi sebagian besar senjata kelompok itu diproduksi secara lokal.

Meskipun basisnya adalah Gaza, Jihad Islam juga memiliki kepemimpinan di Lebanon dan Suriah, di mana mereka memelihara hubungan dekat dengan para pejabat Iran.

Kepala Korps Garda Revolusi Iran Mayor Jenderal Hossein Salami mengatakan pada Sabtu bahwa Palestina “tidak sendirian” dalam perjuangan mereka melawan Israel.

“Kami bersama Anda di jalan ini sampai akhir, dan biarkan Palestina dan rakyat Palestina tahu bahwa mereka tidak sendirian,” tegas Mayor Jenderal Hossein Salami.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)