Sekutu Putin Berharap China Tembak Jatuh Pesawat Nancy Pelosi

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 00:46 WIB
loading...
A A A
China mengecam keras kunjungan Pelosi ke Taiwan dan memperingatkan langkah tersebut dapat mengakibatkan konsekuensi bagi AS sebagai respons.

Tanggal pasti di mana Zhuravlyov membuat komentar tentang pesawat Pelosi tidak segera jelas, tetapi tampaknya itu terjadi setelah kunjungan Pelosi ke Taiwan.

Pelosi, yang berada di urutan ketiga dalam kursi kepresidenan AS, mendarat di pulau itu Selasa dan pergi pada Rabu.

Taiwan, yang secara resmi bernama Republic of China (ROC), telah memerintah sendiri secara demokratis sejak 1949 atau setelah perang saudara China. Namun, para pejabat Beijing masih menganggap pulau itu sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dari China di bawah "Kebijakan Satu-China".

Pelosi menekankan dalam sebuah pernyataan pada Selasa lalu bahwa kunjungannya sama sekali tidak bertentangan dengan kebijakan lama Amerika Serikat sehubungan dengan Taiwan.

Tetapi China secara resmi memulai empat hari latihan perang di sekitar Taiwan pada hari Kamis sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi, yang oleh Kementerian Luar Negeri China dianggap sebagai provokasi.

Rusia mengutuk kunjungan Pelosi ke Taiwan dan berjanji untuk mendukung China di tengah meningkatnya ketegangan dengan AS dan Taiwan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)