Pelosi: AS Tidak Akan Izinkan China Isolasi Taiwan

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 16:13 WIB
loading...
A A A


"Sekali lagi, ini bukan tentang kunjungan kami untuk menentukan apa hubungan AS-China. Ini adalah tantangan yang jauh lebih besar dan berjangka panjang, dan yang harus kami akui bahwa kami harus bekerja sama di bidang-bidang tertentu."

Politisi Amerika berusia 82 tahun itu tiba pada hari Kamis dari Korea Selatan, sekutu penting AS lainnya, di mana dia mengunjungi perbatasan dengan Korea Utara yang memiliki senjata nuklir.

Ini adalah pertama kalinya dia di Jepang sejak 2015, dan pada Jumat pagi dia bertemu Perdana Menteri Fumio Kishida, yang mengatakan Jepang telah menyerukan segera pembatalan latihan militer.

Tokyo mengatakan lima rudal balistik China diyakini telah jatuh di zona ekonomi eksklusif Jepang, dengan empat di antaranya diduga telah terbang di atas pulau utama Taiwan.

Kishida mengutuk peluncuran rudal itu sebagai masalah serius yang berdampak pada keamanan nasional dan keselamatan warga negara Jepang.



Bagian dari wilayah Okinawa paling selatan Jepang berada dekat dengan Taiwan, begitu pula pulau-pulau kecil yang menjadi pusat sengketa lama antara Tokyo dan Beijing.

ZEE membentang hingga 200 mil laut dari garis pantai Jepang, di luar batas perairan teritorialnya.

Pada bulan Mei, Presiden AS Joe Biden juga membuat marah Beijing pada kunjungannya ke Jepang, ketika dia mengatakan pasukan AS akan membela Taiwan secara militer jika China berusaha untuk mengambil alih pulau itu dengan paksa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)