Tokyo Protes, Rudal China Mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 01:45 WIB
loading...
Tokyo Protes, Rudal China Mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang
Tokyo Protes, Rudal China Mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.
A A A
TOKYO - Rudal balistik yang ditembakkan oleh China diyakini telah mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang untuk pertama kalinya. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Jepang, Nobuo Kishi, Kamis (4/8/2022).

"Lima dari sembilan rudal balistik yang diluncurkan oleh China diyakini telah mendarat di ZEE Jepang," kata Kishi kepada wartawan, saat China mengadakan latihan militer besar-besaran di perairan sekitar Taiwan.



“Jepang mengajukan protes dengan China melalui saluran diplomatik," kata Kishi. Ia menyebut masalah itu sebagai masalah serius yang mempengaruhi keamanan nasional dan keselamatan warga negara kita.

“Angka sembilan rudal yang ditembakkan adalah penilaian pihak Jepang,” kata Kishi. Ia menambahkan, bahwa kelimanya tampaknya mendarat di barat daya pulau Hateruma di Okinawa.

Sementara Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, rudal-rudal itu terbang tinggi ke atmosfer dan bukan merupakan ancaman terhadapnya. Ini sebagai tanggapan atas kekhawatiran publik tentang apakah mereka melewati pulau utama Taiwan.

Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan mengungkapkan jalur penerbangan rudal China karena masalah intelijen.



Sebelumnya, dilaporkan 11 rudal balistik Dongfeng China telah ditembakkan di perairan sekitar pulau itu. Terakhir kali China menembakkan rudal ke perairan sekitar Taiwan adalah pada tahun 1996.

China mengadakan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan, yang dianggapnya sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan paksa jika perlu. Pertunjukan kekuatan militer dipicu oleh kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, meskipun ada peringatan keras dari Beijing.



Pesawat Pelosi mendarat di Jepang pada hari Kamis untuk pemberhentian terakhir dalam tur Asia-nya. Wartawan AFP melihat pesawat mendarat di Pangkalan Udara Yokota di Tokyo, dengan Pelosi tiba dari Korea Selatan.

Bagian dari wilayah pulau paling selatan Jepang Okinawa dekat dengan Taiwan. Kishi mengatakan itu adalah pertama kalinya rudal balistik China mendarat di ZEE Jepang. ZEE membentang hingga 200 mil laut dari garis pantai Jepang, di luar batas perairan teritorialnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)