Pertama Kalinya, Penerbangan ke Israel Lewat Langit Arab Saudi

Kamis, 04 Agustus 2022 - 11:36 WIB
loading...
Pertama Kalinya, Penerbangan ke Israel Lewat Langit Arab Saudi
Cathay Pacific yang terbang dari Hong Kong ke Tel Aviv, Israel, melewati langit Arab Saudi untuk pertama kalinya. Foto/Cathay Pacific/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Sebuah penerbangan komersial yang menuju Israel memasuki wilayah udara atau langit Arab Saudi pada Kamis (4/8/2022).

Ini merupakan kejadian yang pertama kali sejak Arab Saudi membuka langitnya untuk semua penerbangan, termasuk penerbangan Israel, bulan lalu.

Penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Cathay Pacific Hong Kong lepas landas dari Hong Kong dan dijadwalkan mendarat di Tel Aviv pada Kamis pagi.

Layanan pelacakan penerbangan, yang dikutip Times of Israel, menunjukkan pesawat terbang di atas Uni Emirat Arab dan Teluk Persia sebelum melintasi garis pantai Arab Saudi di dekat kota Damman.



Pesawat itu terbang di atas Arab Saudi utara dan Yordania, dan memasuki wilayah Israel di utara Laut Mati.

Penerbangan Cathay Pacific lainnya dari Hong Kong ke Tel Aviv awal pekan ini mengambil rute yang berbeda, terbang ke barat laut di atas China, Kazakhstan dan Turki, dan memasuki wilayah udara Israel dari Laut Mediterania.

Bulan lalu, Arab Saudi mengumumkan telah membuka wilayah udaranya untuk semua penerbangan sipil, beberapa jam sebelum Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjadi pemimpin Amerika pertama yang terbang langsung dari Israel ke Kerajaan Arab Saudi.

Pernyataan Kerajaan Arab Saudi mengatakan telah membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai penerbangan yang memenuhi persyaratan otoritas untuk terbang di atas wilayah kerajaan. Pernyataan itu berarti maskapai Israel dapat mempersingkat perjalanan dengan melintasi wilayah udara Saudi.

Sebelum pengumuman tersebut, Arab Saudi juga telah melarang penerbangan dari perusahaan non-Israel yang bepergian ke atau dari negara Yahudi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)