AS jatuhkan sanksi pada 11 pejabat Rusia

Selasa, 18 Maret 2014 - 03:38 WIB
AS jatuhkan sanksi pada 11 pejabat Rusia
AS jatuhkan sanksi pada 11 pejabat Rusia
A A A
Sindonews.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pada Senin (17/3/2014), menjatuhkan sanksi terhadap dua pembantu utama Presiden Rusia, Vladimir Putin dan sembilan orang lain yang terkait dengan aksi militer Rusia di Crimea, Ukraina.

Menurut Obama, AS siap untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi, jika Rusia secara resmi mencaplok Crimea. Langkah ini diambil Obama sebagai respon terhadap referendum yang dilangsungkan di Crimea pada akhir pekan lalu, yang menurut AS dan sekutunya adalah tindakan tidak sah.

"Ke depan, kita dapat mengkalibrasi respon berdasarkan sikap Rusia. Jika Rusia terus mengganggu di Ukraina, kami siap untuk menjatuhkan sanksi lebih lanjut," kata Obama, seperti dikutip dari Reuters. Krisis di Ukraina adalah salah satu tes terberat dalam kebijakan luar negeri Obama.

Sanksi ini adalah sikap palng keras dan tanda yang paling terlihat dari kemarahan AS atas upaya Rusia mengambil alih Crimea, yang terletak di selatan Ukraina. Krisis ini juga berpeluang menempatkan AS dan Rusia kembali ke dalam perang dingin.

Selain AS, Uni Eropa juga telah menjatuhkan sanksi pada 21 pejabat Rusia dan Ukraina yang dianggap terlibat dalam krisis di Crimea yang berujung pada referendum.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5689 seconds (0.1#10.140)