Profil Fatima Payman, Senator Australia yang Serukan Gadis Muda Bangga Berhijab

Sabtu, 30 Juli 2022 - 11:03 WIB
loading...
Profil Fatima Payman, Senator Australia yang Serukan Gadis Muda Bangga Berhijab
Fatima Payman. Foto/Crikey
A A A
JAKARTA - Sosok perempuan cantik bernama Fatima Payman mendadak menarik perhatian khalayak Australia . Ia adalah senator berhijab pertama di Australia Barat. Tak hanya itu, saat menyampaikan pidato pertamanya di depan Senat pada Rabu lalu ia mengeluarkan pernyataan yang cukup menarik.

“Seratus tahun yang lalu, apalagi 10 tahun yang lalu, apakah Parlemen ini akan menerima seorang wanita yang memilih hijbab untuk dipilih?” tanya dia.

“Saya ingin gadis-gadis muda yang memutuskan untuk mengenakan hijab melakukannya dengan bangga dan melakukannya dengan pengetahuan bahwa mereka memiliki hak untuk memakainya," ujarnya.



Ini adalah sebuah sejarah. Pasalnya, sebelumnya tidak ada Senator terpilih yang memberikan pidato di parlemen dengan mengenakan hijab.

Sejak itu, biografi Fatima Payman telah menjadi topik hangat bagi mereka yang percaya perempuan itu dapat melakukan sesuatu yang hebat.

Fatima adalah seorang Muslimah Australia yang dengan akar budaya dari Afghanistan. Ia adalah putri tertua dari empat bersaudara dan dibesarkan di pinggiran utara Perth.

Ayah Fatima tiba di Australia sebagai pengungsi. Saat ia berusia 5 tahun, Taliban menyerang wilayahnya. Ia dan keluarganya pun pergi ke Australia dengan perahu pada 1999.

Ia menempuh pendidikan di Australian Islamic College Perth. Dia mengambil studi farmasi dan kedokteran daripada politik. Fatima memiliki gelar sarjana di bidang seni dalam antropologi dan sosiologi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)