Gebyok, Pintu Ukiran Jawa Jadi Hadiah Khusus Ulang Tahun Sultan Brunei Hassanal Bolkiah

Jum'at, 29 Juli 2022 - 22:58 WIB
loading...
Gebyok, Pintu Ukiran Jawa Jadi Hadiah Khusus Ulang Tahun Sultan Brunei Hassanal Bolkiah
Gebyok atau pintu kayu ukiran Jawa klasik karya para perajin Jepara menjadi hadiah khusus ulang tahun ke-76 Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Foto/Kementerian Luar Negeri Indonesia
A A A
BANDAR SERI BEGAWAN - Pintu kayu berukiran Jawa klasik yang dikenal sebagai “gebyok” terpilih sebagai hadiah khusus dari seluruh duta besar asing di Brunei Darussalamuntuk Sultan Haji Hassanal Bolkiah , Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam.

Persembahan hadiah diberikan pada Resepsi Kepala Perwakilan Asing di Brunei Darussalam pada 27 Juli 2022 di Tarindak d'Polo, Bandar Seri Begawan, dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 Sultan Hassanal Bolkiah.

Ulang tahun Sultan Hassanal Bolkiah jatuh pada 15 Juli.

“Kami sangat bangga akhirnya bisa mempersembahkan bingkisan indah yang kaya akan perpaduan budaya Nusantara ini. Meskipun selama pandemi terdapat keterbatasan pengiriman dan logistik, akhirnya kami dapat mengirimkannya ke Brunei,” kata Duta Besar Indonesia, Sujatmiko, sebagai Ketua Sub Panitia Hadiah Tahun 2021-2022.



”Hadiah ini telah disiapkan sejak 2021 untuk dipersembahkan pada HUT ke-75 Sultan, namun karena pandemi kegiatan penyerahan ditunda sampai dengan tahun ini,” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bandar Seri Begawan, Jumat (28/7/2022).

Resepsi peringatan HUT ke-76 Sultan Hassanal Bolkiah bersama para duta besar asing merupakan kegiatan rutin tahunan dengan hadiah yang dipersiapkan secara bergiliran dari setiap kawasan.

Untuk kali ini, para duta besar kawasan Asia Tenggara didapuk memilih hadiah untuk Sultan Hassanal Bolkiah, dan setelah berbagai pertimbangan, terpilihlah gebyok usulan dari Dubes Sujatmiko.

Selain untuk memperkenalkan keindahan gebyok beserta filosofinya, persembahan karya ukiran ini diharapkan juga akan mempromosikan produk kerajinan Indonesia berkualitas tinggi kepada warga Brunei.

Dibuat oleh perajin dari Jepara selama kurang lebih dua bulan, gebyok ini terbuat dari kayu jati solid berdimensi panjang 3 meter dan tinggi 2,7 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)