AS Tawarkan Pertukaran Tahanan kepada Rusia

Kamis, 28 Juli 2022 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Anggota keluarga Whelan menyambut baik berita tentang tawaran itu, dengan mengatakan mereka berharap pemerintah Rusia menanggapi pemerintah AS dan menerimanya atau beberapa konsesi lain yang memungkinkan Paul pulang kepada keluarganya.

Media Rusia berspekulasi bahwa Griner dapat dimasukkan dalam pertukaran tahanan untuk Viktor Bout, seorang pedagang senjata Rusia yang menjalani hukuman penjara 25 tahun di AS karena berkonspirasi untuk menjual senjata kepada orang-orang yang berniat membunuh orang Amerika. Blinken sendiri berulang kali menolak mengomentari laporan CNN bahwa AS menawarkan Bout dengan imbalan Griner dan Whelan.

Steve Zissou, seorang pengacara Bout, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ini adalah momen sensitif dalam negosiasi ini.

"Jadi untuk menghormati proses dan keluarga yang terlibat, saya tidak memiliki komentar lebih lanjut saat ini," ujarnya.

Biden sebelumnya telah menyetujui pertukaran tahanan dalam kasus lain pada bulan April lalu, ketika Rusia membebaskan mantan Marinir Trevor Reed, yang telah ditahan di Rusia sejak 2019 atas tuduhan menyerang dua petugas polisi dan yang kesehatannya memburuk. AS membebaskan Konstantin Yaroshenko, yang menjalani hukuman penjara 20 tahun karena penyelundupan narkoba.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)